Sekolah di Balikpapan Siap Laksanakan PTM

Ilustrasi Sekolah melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Dinas Pendidikan Kota Balikpapan menyatakan sekolah-sekolah di daerah itu kini bersiap melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) seiring status Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

Dinyatakan Lulus, Atta Halilintar Bersyukur Punya Ijazah SMA di Usia 29 Tahun

“Ini yang ditunggu, sekolah senang. Mulai Selasa hari ini sekolah-sekolah mulai dibersihkan,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Balikpapan Muhaimin MT di Balikpapan, Selasa (5/10)

Ia menjelaskan PTM tersebut akan dimulai Senin (11/10). Selama sepekan ini sekolah kembali mempersiapkan semua yang diperlukan untuk PTM, termasuk menyiapkan sarana untuk protokol kesehatan.

Buntut Ledakan Ribuan Pager, Lebanon Liburkan Semua Institusi Pendidikan

Muhaimin melanjutkan, untuk sementara ini PTM terbatas hanya dua kali dalam sepekan, untuk sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

“Misalnya kelas 1 dan 2 SD Senin sampai Selasa, kemudian kelas 3 dan 4 Rabu sampai Kamis, lalu Kelas 5 dan 6 Jumat sampai Sabtu. Demikian juga dengan SMP seperti itu juga,” ujar kadisdik.

Wakil Menkes Sebut Indonesia Masih Kekurangan 120 Ribu Dokter Umum

Lama waktu belajar, kata dia, untuk sementara juga dibatasi. Untuk SMP maksimal tiga jam dan SD maksimal dua jam. Untuk SMA, SMK, madrasah aliyah, masih menunggu kebijakan Pemerintah Provinsi Kaltim.

Mengenai jumlah peserta didik yang hadir ke sekolah, katanya, untuk sementara juga dibatasi, yaitu hanya separuh kapasitas sekolah.

“Kami maksimalkan juga gugus tugas COVID-19 di sekolah untuk mengawasi,” kata Muhaimin.

Di sisi lain, menurut dia, sekolah tetap meminta persetujuan orang tua bagi siswa yang ingin hadir kembali di sekolah. Bila ada orang tua yang tidak setuju atau masih khawatir, anaknya masih bisa bersekolah secara daring.

Muhaimin menjelaskan saat ini vaksinasi untuk pelajar juga terus dikebut Satgas COVID-19 Balikpapan. Petugas juru vaksin dari puskesmas kini langsung mendatangi sekolah-sekolah yang berada dalam lingkup layanan puskesmasnya.

“Kami buat vaksinasi massal di sekolah,” kata Imelda, juru vaksin dari Puskesmas Batu Ampar, Balikpapan Utara, dalam kesempatan vaksinasi di SMAN 6. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya