Friday the 13th, Benarkah Hari Buntung

Friday the 13th.
Sumber :
  • Times of India

Jakarta, VIVA – Tanggal 13 September 2024 jatuh pada Jumat. Ini adalah hari yang dikenal sebagai Friday the 13th. Beberapa orang yang percaya, akan melakukan segala tindakan yang dinilai bisa mencegah diri sendiri dari kesialan.

Rupiah Jumat Pagi Menguat ke Rp 16.150 per Dolar AS Usai Rilis Data Inflasi AS

Lantas, apa itu Friday the 13th atau Jumat tanggal 13? Ada berbagai peristiwa bersejarah pada Friday the 13th atau hari Jumat tanggal 13 di masa silam.

Peristiwa tersebut lantas menjadi latar belakang dari keyakinan masyarakat, bahwa hari Jumat yang bertepatan dengan tanggal 13 merupakan hari sial.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 7 Juni 2024

Ketakutan akan Jumat tanggal 13 disebut dengan julukan paraskavedekatriaphobia atau triskaidekafobia, atau fobia terhadap angka 13 dan kelipatan bilangannya.

Mengutip situs Independent, Friday the 13th kerap ditakuti dan dihindari banyak orang. Namun, tidak jelas awalnya mengapa Jumat tanggal 13 sangat ditakuti orang-orang di seluruh dunia.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 31 Mei 2024

Beberapa sejarawan percaya bahwa takhayul tersebut pertama kali muncul pada akhir abad ke-19, tepatnya ditemukan dalam biografi komposer Italia Gioachino Rossini, yang meninggal dunia pada Jumat, 13 November 1868.

Selain itu, ada juga yang percaya bahwa mitos tersebut berasal dari Alkitab. Disebutkan bahwa Yesus Kristus disalib pada hari Jumat dan ada 13 tamu di Perjamuan Terakhir, yakni malam hari sebelum penyaliban.

Menurut kalender Gregorian, hari ke-13 dalam satu bulan selalu jatuh pada Jumat daripada hari-hari lainnya. Jumat tanggal 13 tahun 2015 terjadi tiga kali, yakni Februari, Maret, dan November.

Jumat tanggal 13 juga diprediksi akan terjadi tiga kali, yakni pada 2026. Para ahli mengatakan bahwa triskaidekafobia atau fobia terhadap Jumat memengaruhi banyak orang.

Hal tersebut dilihat dari sejumlah bisnis yang menghindari Jumat tanggal 13, mulai dari gedung bertingkat, hotel, dan rumah sakit, mereka tidak memiliki lantai 13.

Selain itu juga banyak bandara yang tidak memiliki gerbang bernomor 13. Anehnya lagi banyak orang menganggap 13 orang yang bersantap di meja makan dianggap membawa sial. Berikut tiga peristiwa yang terjadi pada Jumat tanggal 13:

- November 1998 - Tragedi Semanggi I.
- November 2015 - Terjadinya serangan teroris di Paris, Prancis.
- Agustus 2021     - Mangkunegara IX meninggal dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya