Mengenal Teknologi 5G Standalone yang Digelar Serentak di 3 Wilayah Indonesia

Teknologi 5G Standalone (5G SA).
Sumber :
  • Dok. Telkomsel

IKN, VIVA – 5G Standalone (5G SA) merupakan teknologi jaringan seluler generasi kelima yang beroperasi secara mandiri tanpa bergantung pada jaringan 4G yang telah tersedia.

Kementerian PUPR: 47 Tower Rusun ASN di IKN Rampung Desember 2024

Hal ini memungkinkan koneksi internet yang jauh lebih cepat, lebih stabil, dan memiliki latensi yang sangat rendah.

Dengan teknologi ini, operator telekomunikasi dapat membagi jaringan 5G menjadi beberapa lapisan yang dioptimalkan untuk berbagai kebutuhan, memungkinkan pengiriman layanan dengan jaminan kualitas tertentu, seperti latensi rendah atau bandwidth tinggi, sesuai kebutuhan spesifik industri.

Menteri Basuki Meninjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C Target Selesai Juni 2025

5G SA pertama kali digunakan oleh Telkomsel dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun atau HUT ke-79 Republik Indonesia di tiga wilayah, yakni Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, Bali, dan Maluku Utara.

Teknologi tersebut mencakup 5G Live Broadcast, Fixed Wireless Access, dan Smart Glasses untuk meliput rangkaian upacara kemerdekaan Republik Indonesia di IKN, menyediakan konektivitas 5G untuk IKN Smart City Command Center, Wearable Glasses Camera di Rumah Teknologi Nusantara IKN, menghadirkan solusi pelabuhan pintar di Benoa Bali, hingga menyediakan 5G Smart Helmet di Maluku Utara.

Menteri Basuki Perkenalkan KIPP IKN dalam Kunjungan Komisi V DPR RI dan Kapolri

Dalam menghadirkan pemanfaatan jaringan 5G mandiri atau 5G Standalone ini, Telkomsel berkolaborasi bersama para mitra vendor global terkemuka di bidang teknologi seperti Ericsson, Huawei dan ZTE untuk mengimplementasikan berbagai ragam use-case di IKN, Bali dan Maluku Utara.

"Kami berharap perluasan jaringan 5G dan pemanfaatan 5G SA yang dihadirkan dapat menjadi katalisator utama untuk berbagai inovasi dan transformasi digital di Tanah Air, serta mendorong pengembangan teknologi dan digitalisasi yang lebih luas," kata Direktur Jaringan Telkomsel Indra Mardiatna.

Di Pelabuhan Benoa Bali, Telkomsel menghadirkan use case Smart Port meliputi teknologi Cloud Phone, Redcap devices dan teknologi AI yang mengintegrasikan teknologi pengawasan canggih dengan jaringan 5G untuk memberikan keamanan dan efisiensi operasional yang lebih tinggi dengan dukungan Mobile Private Network (MPN).

Teknologi terbaru Cloud Phone yang didukung oleh jaringan 5G SA mampu memberikan layanan Virtual Phone berbasis Cloud untuk mengeksplorasi bisnis model baru terhadap efesiensi kerja petugas dalam pengelolaan sistem pelabuhan, yang membutuhkan keamanan informasi yang tinggi dan respons real-time terhadap pengoperasian data.

Selain itu, Teknologi AI Detection System yang mampu memberikan video beresolusi tinggi secara real-time, memungkinkan pengawasan area pelabuhan secara menyeluruh dan respons cepat terhadap insiden atau potensi gangguan keamanan.

Sementara untuk Maluku Utara, Telkomsel menghadirkan jaringan 5G Standalone yang digunakan untuk mendukung use case 5G Smart Helmet untuk para pekerja di Halmahera yang membuat mereka dapat berkomunikasi dan melakukan koordinasi lapangan dengan mudah.

Helm ini juga dilengkapi dengan fitur peringatan jika ada potensi bahaya untuk menjaga keselamatan para pekerja, serta memiliki GPS untuk melacak lokasi pekerja dengan sangat akurat.

Tidak hanya itu saja, helm ini juga dapat merekam video yang bisa langsung dipantau oleh pusat komando, sehingga memungkinkan petugas di pusat komando untuk dapat memberikan instruksi kepada pekerja di lapangan secara real-time.

Khusus IKN, Telkomsel menggelar 5G Live Broadcast dan Smart Glasses, sehingga dapat menghadirkan siaran langsung dari rangkaian upacara kemerdekaan Republik Indonesia pertama kali di ibu kota baru tersebut dengan kualitas optimal.

Teknologi 5G SA sudah dilengkapi dengan fitur Network Slicing yang dapat memberikan prioritas lebih sehingga memungkinkan penyiaran video beresolusi tinggi secara real-time dari 5 titik penyiaran di kawasan Istana IKN dan 5G streaming di GraPARI Nusantara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya