Apa Itu Hujan Ganda?

Ilustrasi musim hujan.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Tekno – Mulai Senin hari ini, 29 Juli 2024, akan terjadi fenomena langka di langit. Fenomena tersebut adalah hujan meteor ganda yang akan menjadi pemandangan spektakuler.

Amankah Naik Pesawat saat Hujan dan Petir? Begini Kata Pilot

Apa itu fenomena hujan meteor ganda yang akan disuguhkan di langit? Peristiwa langka ini akan menampilkan dua hujan meteor, yaitu Alpha Capricornids dan Southern Delta Aquariids.

Kedua hujan meteor ini akan mencapai puncaknya hampir bersamaan.

Tips Mengendarai Motor di Jalan Basah

Ilustrasi penampakan hujan meteor.

Photo :
  • NASA/Bill Ingalls
Hujan Deras Akibatkan Longsor di Garut, Akses Jalan Toblong-Maroko Terputus

Hujan meteor sendiri terjadi ketika Bumi melewati jalur orbit komet, yang meninggalkan jejak puing-puing di ruang angkasa.

Mereka terbakar dan menghasilkan kilatan cahaya yang sering disebut sebagai meteor atau "bintang jatuh”, saat puing-puing ini memasuki atmosfer Bumi.

Dalam peristiwa hujan meteor ganda ini, akan ada dua jejak komet yang dilintasi oleh Bumi, yakni komet 96P/Machholz, yang menghasilkan Southern Delta Aquariids, dan komet 169P/NEAT, yang menghasilkan Alpha Capricornids.

Menurut Nicholas Moskovitz, seorang astronom dari Observatorium Lowell, hujan meteor ganda ini adalah kejadian yang jarang terjadi.

Alpha Capricornids diperkirakan mencapai puncaknya antara 30 dan 31 Juli 2024, sementara Southern Delta Aquariids akan memuncak sedikit lebih awal, yakni antara 29 dan 30 Juli 2024.

Fenomena ini memberikan kesempatan unik untuk menyaksikan dua hujan meteor yang puncaknya berdekatan dalam waktu 24 jam.

Hujan meteor.

Photo :
  • Firstpost

Southern Delta Aquariids biasanya menghasilkan sekitar 20 hingga 25 meteor per jam. Namun, meteor-meteor ini cenderung lebih redup, sehingga untuk melihatnya dengan jelas, diperlukan lokasi yang jauh dari cahaya buatan.

Sebaiknya, biarkan mata Anda menyesuaikan diri dengan kegelapan sebelum menikmati pertunjukan meteor ini.

Di sisi lain, Alpha Capricornids meskipun jarang, cenderung menampilkan meteor yang lebih terang dan dramatis.

Meteor ini sering kali terdiri dari partikel sebesar marmer yang menghasilkan bola api terang saat memasuki atmosfer.

Dilansir dari Live Science, hujan meteor ganda ini bisa disaksikan di belahan Bumi selatan, di mana titik asal meteor (titik radian) akan hampir tepat di atas kepala.

Bisa juga disaksikan di belahan bumi utara jika kondisi langit memungkinkan, terutama dengan pandangan yang jelas ke arah selatan.

Fenomena hujan meteor ganda ini akan berlangsung hingga pertengahan Agustus 2024. Untuk hasil terbaik, hindari cahaya buatan dan perhatikan langit setelah tengah malam, karena saat itulah aktivitas meteor biasanya mencapai puncaknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya