Profil Semuel Abrijani Pangerapan yang Mundur sebagai Dirjen Aptika Kemenkominfo Imbas PDNS 2

Dirjen Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA Tekno – Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen Aptika Kemenkominfo), Semuel Abrijani Pangerapan, resmi mengundurkan diri dari jabatannya. Pengunduran diri Semmy, sapaan akrabnya, sebagai bentuk pertanggungjawabannya sebagai pengelola teknis Pusat Data Nasional Sementara atau PDNS 2.

PDNS Sempat Diretas, Menko Polhukam: Layanan Publik Digital sudah Kembali Normal

"Jadi, saya menyatakan bahwa per tanggal 1 Juli kemarin saya sudah mengajukan pengunduran diri saya secara lisan dan saya suratnya sudah saya serahkan kemarin kepada Menkominfo (Budi Arie Setiadi)," katanya di Kantor Kemenkominfo Jakarta, Kamis, 4 Juli 2024.

Ia juga menjelaskan bahwa peristiwa penyanderaan data di Pusat Data Nasional Sementara atau PDNS 2 adalah kejadian teknis yang merupakan tanggung jawabnya. "Kejadian ini, bagaimana pun, juga secara teknis adalah tanggung jawab saya," jelas dia.

Setelah 8 Tahun di Kemenkominfo, Ke Manakah Semuel Abrijani Pangerapan Berlabuh

Dikutip dari laman resmi Kemenkominfo, Semmy dilahirkan di Makassar, Sulawesi Selatan pada 27 Desember 1964. Ia memperoleh gelar Bachelor setara dengan S1 di Fresno State University of California, Amerika Serikat (AS).

Melalui perguruan tinggi tersebut, dirinya berhasil memperoleh ijazah pada 1994 silam untuk Bachelor of Science Business Administration dan mengambil konsentrasi manajemen informasi.

Kominfo Coba Kunci dari Brain Chiper, Bisa Buka Spesimen Data PDNS

Laman resmi Kemenkominfo juga menyebutkan bahwa Semuel Abrijani Pangerapan memiliki pengalaman di bidang telekomunikasi selama lebih dari 20 tahun. Usai lulus kuliah, ia melalang buana di berbagai perusahaan telekomunikasi dan kini menjabat sebagai CEO PT Jasnita Telekomindo sejak 1996 silam.

Semmy juga pendiri Siber Kreasi, sebuah gerakan yang mengkampanyekan literasi digital. Selain itu, Semuel Abrijani Pangerapan juga pernah menjabat sebagai Ketua Delegasi ASEAN Telecommunications and IT Ministers Meeting (TELMIN) periode 2018–2019.

Di tahun yang sama, Semmy menjabat Ketua ASEAN Telecommunications and Information Technology Senior Officials Meeting (TELSOM). Bahkan, Semmy ditunjuk sebagai Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) periode 2012-2015.

Dengan pengalamannya tersebut, Kemenkominfo menunjuk Semuel Abrijani Pangerapan untuk menduduki jabatan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika).

Ketika menjabat, Semmy sangat getol mengenai urgensi keamanan siber dalam negeri. Perhatian Semmy tersebut tampak dari berbagai program yang ia rintis seperti penanganan situs negatif hingga Sertifikasi Elektronik (PSrE); dan Sistem Verifikasi Identitas Online Nasional (siVION).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya