Siapa Hacker Bjorka?

Cover album Bjork 'Utopia' (kiri) dan avatar Twitter hacker Bjorka (kanan).
Sumber :
  • Pinterest Myler Edson

VIVA Tekno – Hacker Bjorka kembali membuat heboh jagat maya karena muncul ke publik dengan menjual data yang diduga milik BPJS Ketenagakerjaan. Hacker itu juga diketahui pernah membocorkan data PeduliLindungi, IndiHome, MyPertamina, dan lainnya.

Profil Indodax, Platform Trading Didirikan Dua Sahabat hingga Catat Transaksi Bulanan Rp 2 T

Dia kerap mengaku berasal dari Warsawa, Polandia, meski belum diketahui bagaimana kebenarannya.

Tahun lalu saat aksi-aksinya semakin meresahkan, Presiden Joko Widodo membentuk tim khusus atau timsus untuk melakukan asesmen-asesmen selanjutnya dalam rangka menjaga kepercayaan publik. Tapi upaya itu sepertinya belum memberikan hasil.

Indodax Diduga Kebobolan, Kerugian Disebut Capai Rp 335 Miliar

Lantas, siapakah sebenarnya Bjorka? Jawaban pastinya masih belum diketahui. Tapi hacker itu pernah bercerita bahwa dia mempunyai 'teman' asal Indonesia.

Hacker Bjorka.

Photo :
Pemprov Aceh Diingatkan Jokowi Soal Venue: Jangan Seperti PON-PON Sebelumnya

Melihat dari foto profil yang kerap digunakan, Bjorka mungkin saja menyukai penyanyi asal Reykjavik, Islandia bernama Bjork Gudmundsdottir.

Ada kemungkinan penamaan hacker ‘Bjorka' terinspirasi dari Bjork. Berdasarkan header yang digunakan hacker hitam itu di akun-akun Twitter sebelumnya, ia menggunakan sampul album Bjork bertajuk Fossora yang rilis pada Agustus 2022.

Di album ke-10 itu, perempuan cantik yang kini berusia 57 tahun tersebut menggandeng duo disk jockey alias DJ asal Bali, Gabber Modus Operandi yaitu Ican Harem dan Kasimyn.

Avatar yang digunakannya di Twitter pun diambil dari cover album Bjork bertema Utopia yang rilis pada 2017. Dalam setiap akun Twitter yang dibuat, dia juga selalu mengikuti akun dari penyanyi tersebut yang memiliki nama @bjork.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya