3 Senjata Mematikan Buatan Israel yang Laku Keras, Ada Thor

Iron Dome Israel.
Sumber :
  • Newsweek

VIVA Tekno – Mungkin belum banyak yang tahu bahwa Israel merupakan salah satu daerah maju di dunia. Sebab, selama ini orang berfokus pada konflik yang telah berlangsung lama dengan negara tetangganya, Palestina.

Pernyataan Keras Inggris Menentang Legalisasi Permukiman Ilegal Israel di Tepi Barat

Berbeda dengan wilayah konflik lainnya yang miskin, Israel ternyata adalah daerah yang kaya. Namun, mereka tidak mengandalkan pemasukan dari minyak seperti kebanyakan negara Arab lainnya.

Negeri Yahudi tersebut lebih mengandalkan industri manufakturnya dan ekspor alat pertahanan. Israel telah banyak menjual senjata buatannya dengan nilai ratusan miliar dolar AS ke negara lain.

Banyak Rumah Sakit di Gaza Tutup akibat Krisis Bahan Bakar

Berikut 3 senjata mematikan buatan Israel yang best seller di dunia melansir laman Times of Israel:

VIVA Militer: Helikopter tempur Angkatan Udara Israel (IAF) menembakkan rudal

Photo :
  • Breaking Defense

Tiga Pejuang Hizbullah Tewas di Tangan Israel

3 Senjata Mematikan Israel yang Best Seller di Dunia

1. Drone

Drone buatan Israel disebut paling laris. Azerbaijan tercatat pernah membeli drone buatan Israel pada tahun 2020 yang digunakan untuk menyerang sasaran Armenia di Nagorno-Karabakh. Selain itu, Turkmenistan juga tercatat pernah membelinya.

Di tahun 2019, Israel membukukan catatan penjualan 1000 mini drone ke negara-negara di Asia Tenggara dengan nilai 153 juta dolar AS. Drone yang dimaksud adalah jenis THOR dan UAV.

2. Iron Dome

Kemudian, masih dari sumber yang sama, Israel disebut telah menjual Iron Dome ke berbagai negara, seperti Inggris, Kanada, Slovakia dan Republik Ceko. Irone Dome sendiri merupakan senjata yang dirancang untuk menghalau roket.

Arsip - Sistem anti-rudal Iron Dome menembakkan rudal intersepsi saat roket dilu

Photo :
  • ANTARA FOTO/REUTERS/Amir Cohen/wsj.

Di tengah panasnya perang antara Ukraina dan Rusia, banyak negara-negara di Eropa khawatir akan sistem pertahanan negaranya, sehingga banyak yang membeli Iron Dome untuk menunjang sistem keamanan.

3.  Rudal

Rudal merupakan senjata buatan Israel yang paling banyak di-ekspor. Pada tahun 2021, Israel menjual rudal mereka dengan harga 11,3 miliar dolar.

Salah satu rudal yang paling banyak dijual adalah jenis Spike-ME/LR, merupakan rudal anti tank. Rudal tersebut dijual ke Polandia seharga 152 juta dolar. Selain itu, rudal Spike juga dibeli oleh Amerika beserta dua Iron Dome dengan harga 400 juta dolar AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya