Smartfren Hadirkan eSIM Pertama di Indonesia
VIVA – Smartfren resmi mengumumkan hadirnya teknologi terbaru dalam dunia telekomunikasi di Indonesia, yaitu eSIM. Dikutip dari keterangan tertulis Senin, 29 Juli 2019, dengan eSIM, pelanggan dapat menikmati layanan 4G LTE Smartfren tanpa menggunakan SIM Card berbentuk fisik.
Pemakaian eSIM alias SIM digital ini dapat menambah fleksibilitas bagi pelanggan untuk mengatur sendiri preferensi data, voice dan SMS serta menikmati paket data yang menarik dari Smartfren.
"Smartfren adalah salah satu dari operator 4G pertama di Indonesia yang mengaplikasikan eSIM. Dengan memberikan solusi telekomunikasi alternatif diharapkan pengguna Smartfren dapat tetap terhubung dengan lebih baik dalam menjalankan aktivitasnya," jelas Amith Sethi, Sub Grup Head Device and Innovation.
"Teknologi eSIM merupakan salah satu terobosan bagi Smartfren. Proses migrasi bagi para pelanggan lama pun cukup mudah dan konsumen tidak akan lagi mengalami masalah yang berkaitan dengan SIM Card,” tambahnya.
Bagi pelanggan Smartfren yang ingin menggunakan eSIM, pertama harus mendapatkan eSIM QR code yang bisa didapatkan di galeri Smartfren.
Setelah mendapatkan QR code, pelanggan harus memindai QR dengan memastikan perangkatnya terhubung dengan internet. Setelah melakukan pemindaian pada QR code, profil pengguna SIM secara otomatis akan terpasang di perangkat pelanggan.
eSIM dapat diperoleh di Galeri Sabang Jakarta, Galeri Mall Ambassador Jakarta, Galeri Smartfren BEC Bandung, Galeri A Yani Semarang, Galeri WTC Surabaya, Galeri Pulau Kawe Bali, Galeri Urip Sumoharjo Makassar dan Galeri Adam Malik Medan.
Teknologi eSIM ini ditetapkan untuk menjadi gamechanger dalam telekomunikasi, menawarkan tingkat fleksibilitas baru bagi konsumen dan operator. Dengan perangkat berkemampuan eSIM, konsumen menikmati konektivitas out-of-the-box tanpa harus membeli kartu SIM secara terpisah.