Warganet Indonesia Tak Lagi Cari 'How To' di Google, Kenapa?

Google Search 2018.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Google mengungkapkan ada perubahan perilaku dan tren pencarian di platform mereka.  Google Indonesia mengatakan, saat ini eranya adalah pencarian anak muda berkarya.

Gunakan Pesawat Ini ke Semarang, Gibran Rakabuming Jadi Sorotan Netizen

Google menemukan beberapa hal menarik dalam tren pencarian. Salah satunya tahun ini pencarian ‘how to’ hilang dan berganti dengan pencarian lainnya.

Selain itu, ada kecenderungan pengguna media sosial mencari berita viral langsung di Google Search. Berita viral mengundang penasaran untuk mencari lagi di mesin pencarian. 

Gara Gara Sebotol Viral, Shinta Arsinta dan Mala Agatha Dapat Rezeki dari Megah Music

"Karena itu memang meningkatkan rasa keingintahuan. Naturally akan ada korelasi antara berita yang viral dengan apa yang sedang trending di Google," kata Search Marketing Manager Google Indonesia, Mira Sumanti, di Jakarta, Kamis 13 Desember 2018.

Mira menjelaskan, pengguna Google Search di Indonesia cenderung untuk mencari info lebih lanjut atau verifikasi dari informasi tersebut. 

Akses Jalannya Ditutup Tetangga, Sunardi Lebih Pilih Bangun Jembatan Pribadi Senilai Rp250 Juta

Tahun ini, masyarakat Indonesia mencari lebih banyak dari konten berbau lokal, mulai dari musisi dan artis hingga peristiwa yang terjadi di Indonesia. Namun untuk tahun ini, tak ada lagi pencarian mengenai ‘how-to’. 

"Karena tahun lalu kami melihat itu banyak pencarian ‘how to kaya’, ‘how to became gojek driver’, ‘how to became youtuber’, ‘how to became selebgram’," ujar dia. 

Pada tahun lalu pencarian mengenai hal tersebut sangat banyak. Mira mengatakan, pengguna saat ini mencari tahu cara bisnis sampingan berbasis digital.

Sementara itu, untuk tahun ini, Mira menyatakan, eranya pencarian mengenai anak muda berkarya. Tiga teritori yang bisa dilihat dalam tren pencarian. 

"Satu saya melihat anak muda berkarya untuk membawa kebaikan, anak-anak muda berkarya untuk menginspirasi, bersama-sama anak-anak muda berkarya untuk mengharumkan bangsa," ujar dia. 

Untuk waktu trending, Mira mengatakan, tak ada waktu spesifiknya. Topik apa pun dan kapan pun bisa menjadi trending pencarian. 

"Tidak ada aturan baku, baik itu topik tentang apa yang trending. Tidak ada penjelasan nyata berita itu atau topik itu akan berapa menjadi trending," ujar Mira. (art)

Viral Logo Garuda Berlatar Biru Kembali Bergema, Suarakan Tolak Kenaikan PPN 12%

Viral Logo Garuda Berlatar Biru Kembali Bergema, Suarakan Tolak Kenaikan PPN 12 Persen

Peringatan Darurat dengan logo Burung Garuda berlatar biru Peringatan Darurat kembali bergema di berbagai platform media sosial, tolak kenaikan PPN 12 persen

img_title
VIVA.co.id
23 November 2024