Bukalapak Ambisi Gaet Dua Juta UKM

Kantor Bukalapak.com di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id – Platform marketplace, Bukalapak menargetkan dua juta Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sampai akhir tahun 2016. Upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan produk-produk UKM bisa dikenal lebih luas lagi.

Berawal dari Malas, Teman Virtual Bang Joni Terlahir

"Sampai saat ini, kita baru menggaet satu juta UKM. Sampai akhir tahun ini kita menargetkan ada dua juta UKM ada di Bukalapak," ucap Chief Executive Officer (CEO) dan Pendiri Bukalapak, Achmad Zaky di Balai Sarbini, Jakarta, Senin, 16 Mei 2016.

Untuk mencapai target tersebut, upaya salah satunya dengan Forum Indonesia Muda (FIM). Melalui forum independen yang telah berdiri sejak 2003 itu, Bukalapak ingin mendorong para generasi muda dan mahasiswa yang jadi anggota FIM dapat berkontribusi soal UKM.

Ini yang Bikin Startup RI Bisa Jatuh ke 'Lembah Kematian'

"Ini untuk mewadahi anak-anak muda yang punya ide kreatif. Program ini berisi anak muda di seluruh Indonesia, tidak semua mahasiswa bisa ikut, hanya yang terbaik," ucapnya.

Sehingga, lanjut Zaky, mereka yang digembleng oleh Bukalapak bisa membawa bekal di kemudian hari. Sehingga saat balik lagi ke daerah masing-masing, mereka dapat mengembangkan ide kreatif guna membangun potensi-potensi yang ada di daerah.

Bekraf Punya Program Lahirkan Startup Tangguh

"Mudah-mudah ketika mereka balik jadi agent of change, nularin spirit untuk UKM, karena UKM tidak ada di Jakarta saja. Maka dari itu, kita edukasi para generasi muda ini yang diberikan oleh komunitas kami yang berpengalaman," tutur dia.

Diketahui, pengguna yang mengakses platfrom Bukalapak melalui mobile sebanyak 60 persen, sedangkan yang mengakses melalui browser mencapai 20 persen, sehingga kalau ditotalkan menjadi 80 persen.

Diberitakan sebelumnya, Bukalapak menargetkan jumlah penggunanya meningkatnya hingga 10 juta di tahun ini. Sekarang, jumlah pengguna di perusahaan e-commerce ini mencapai lima juta pengguna.

Forum Sosialisasi tentang Potensi Ekonomi Digital Berbasis Kearifan Lokal di Banyuwangi. (FOTO: Roghib Marbrur/TIMEs Indonesia)

Kemenkominfo RI Perkuat Ekonomi Digital Banyuwangi, Ini Langkahnya

Bukalapak gelar forum sosialisasi potensi ekonomi digital.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2019