Layanan yang bikin Pelanggan Ketagihan Terungkap

Solusi Omnichannel Telkom.
Sumber :
  • Dok. Telkom

Jakarta, VIVA – Keterlibatan pelanggan dengan perusahaan atau brand kini sudah tidak lagi sekadar interaksi transaksi, tetapi mencakup personalisasi dengan respons yang cepat.

Ada Kejutan dari Telkomsel untuk Pelanggan Setia

Bagi bisnis modern, menjalin hubungan yang kuat adalah kunci menciptakan loyalitas pelanggan. Di sinilah OCA (Omni Communication Assistant) by Telkom hadir sebagai solusi omnichannel bagi pelaku usaha untuk lebih dekat dengan pelanggan.

Dengan strategi omnichannel dari OCA, brand dapat terhubung dengan pelanggan melalui berbagai platform secara efisien dan konsisten.

Itharaa Alkhair Berkomitmen Berikan Pelayanan Terbaik Bagi Jemaah Haji

Solusi omnichannel dari OCA menawarkan komunikasi yang terintegrasi. Diversifikasi channel komunikasi di era digital sangat penting bagi pelaku bisnis untuk terhubung dengan berbagai macam karakter pelanggan.

Memanfaatkan omnichannel dengan beragam channel komunikasi yang tersedia seperti media sosial, WhatsApp, email, dan berbagai channel komunikasi lainnya, menjamin setiap pesan dari brand dan respons dari pelanggan di berbagai platform tetap konsisten, relevan, dan personal.

LJR Logistics Soccer Championship 2024, Turnamen Sepakbola Pererat Hubungan dengan Pelanggan

Cara ini berperan besar dalam membangun hubungan emosional serta kepercayaan dengan pelanggan. Salah satu keunggulan solusi omnichannel dari OCA adalah kemampuannya untuk menyesuaikan pesan sesuai dengan preferensi pelanggan.

Misalnya, pelanggan yang lebih sering berinteraksi melalui WhatsApp akan menerima promosi, layanan, atau bantuan yang sesuai dengan kebiasaan mereka melalui platform tersebut.

Dengan WhatsApp API yang juga ada di OCA, pelaku bisnis dapat dengan mudah mengirim notifikasi, mengonfirmasi transaksi, dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat.

Lebih jauh lagi, OCA telah memiliki layanan chabot yang dapat membantu pelaku bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggannya selama 24/7.

Chatbot ini bisa menangani pertanyaan yang umum ditanyakan dan memberikan jawaban otomatis terkait informasi produk atau layanan.

Automasi ini meningkatkan efisiensi operasional dan membuat pelanggan lebih puas dengan layanan yang cepat dan tanggap. Salah satu tantangan dalam komunikasi di berbagai platform adalah memastikan konsistensi pesan.

Di sinilah solusi dari OCA menjadi penting dalam menyelaraskan pesan di setiap channel, mulai dari email, WhatsApp, hingga media sosial.

Pesan yang konsisten mencegah kebingungan yang mungkin muncul dari informasi yang disampaikan, seperti mengenai informasi promosi dari suatu produk, serta memperkuat identitas brand.

"Komunikasi yang mendukung keberlanjutan bisnis adalah fondasi untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan. Dengan pendekatan data driven, OCA hadir sebagai solusi yang mendukung bisnis untuk terhubung dengan pelanggan secara efektif, efisien, dan lebih personal," kata EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa, Rabu, 20 November 2024.

Hingga saat ini, OCA telah membantu banyak pelaku bisnis untuk mengelola lebih dari 100 ribu pesan per bulan dengan peningkatan waktu respons sebesar 67 persen, memberikan berkontribusi signifikan pada kepuasan pelanggan hingga 95 persen.

Penumpang naik Kereta Api dari Stasiun Semarang Tawang

KAI Amankan Barang Penumpang Tertinggal Senilai Rp11,4 Miliar Selama 2024

"Selama periode Januari hingga Oktober 2024, KAI berhasil mengamankan 7.237 barang temuan dengan estimasi nilai total mencapai Rp11.418.824.365," kata Anne Purba.

img_title
VIVA.co.id
21 November 2024