Inovasi Tanpa Mengorbankan Kedaulatan Data

Perlindungan data pribadi.
Sumber :
  • KlikLegal.com

Jakarta, VIVA – Upaya memaksimalkan penggunaan komputasi awan atau cloud terus dilakukan banyak pihak di Indonesia untuk memacu anak bangsa menciptakan inovasi berbasis teknologi informasi, termasuk kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) hingga memperkuat keamanan dan kedaulatan data.

Mahasiswa ITB STIKOM Bali Ciptakan Mesin Berteknologi AI untuk Mensortir Buah Jeruk

Selain itu, pemanfaatan teknologi AI dan pembelajaran mesin (machine learning) akan memungkinkan analisis data yang lebih cepat dan akurat, membantu bisnis membuat keputusan yang lebih baik dan lebih cepat.

Hal ini akan sangat berguna dalam aplikasi seperti analisis prediktif, otomatisasi proses bisnis, dan peningkatan pengalaman pelanggan.

Jadi Jembatan Kebutuhan Bisnis dengan Teknologi

Dengan populasi Indonesia lebih dari 270 juta jiwa dan kelas menengah yang semakin melek teknologi, maka permintaan untuk solusi awan diyakini akan meningkat pesat.

"Sektor keuangan, kesehatan, ritel, manufaktur dan lainnya semakin mencari solusi awan untuk merampingkan operasional, mengurangi biaya, dan meningkatkan pengalaman pelanggan," kata Direktur Utama Sivali Cloud Technology Wong Sui Jan, Selasa, 20 Agustus 2024.

Inovasi Baru dari Jerman Hadir di IIPE 2024

Untuk itu, Sivali Cloud Technology dan Canonical, penerbit Ubuntu, menjalin kemitraan baru di industri teknologi cloud.

Sebagai informasi, Canonical dikenal atas inovasi globalnya menciptakan dan memelihara Ubuntu, sistem operasi open-source terpopuler di dunia. Sementara Sivali adalah penyedia solusi komputasi awan lokal.

Dalam kolaborasi ini, Sivali resmi menjadi distributor pertama Canonical di Indonesia. Komitmen kemitraan terhadap kedaulatan data akan memastikan bahwa bisnis di Indonesia dapat mengendalikan data pengguna tanpa pengaruh eksternal, serta mematuhi peraturan dan standar lokal.

"Kami berharap kemitraan ini dapat mewujudkan kedaulatan data dan memberdayakan siapa saja untuk memiliki teknologi cloud yang terjangkau di Indonesia dengan Linux Enterprise dari Canonical," ungkapnya.

Channel Manager Canonical Rick Fredrickson menyambut baik kolaborasi ini. Menurutnya, kemitraan tersebut menggabungkan kemampuan tim ahli Sivali Cloud Technology dengan solusi perangkat lunak Canonical yang kuat dan aman.

"Bermitra dengan distributor lokal yang kuat telah menjadi kunci penting dalam pertumbuhan pesat kami di pasar baru dalam beberapa tahun terakhir. Kami juga berharap bisa mendorong inovasi dan pertumbuhan ekosistem teknologi Indonesia," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya