Digitalisasi UKM Dimulai dari Kasir

UKM/UMKM go digital.
Sumber :
  • The Financial Express

VIVA Tekno – Jumlah usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 65 juta unit hingga akhir 2023.

Dorong Inovasi Lewat OCA AI

Para pelaku bisnis ini punya peran penting dalam perekonomian Indonesia. Dari jumlah tersebut, sekitar 97 persen tenaga kerja terserap dan menyumbang 61 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Indibiz, solusi digital dunia usaha milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk., bersama penyedia sistem kasir digital Moka Pos milik GoTo Financial, menghadirkan digitalisasi bisnis bagi UKM di wilayah Jabodetabek.

AdMedika Sediakan Ruang Tunggu Eksekutif Pasien di Eka Hospital Cibubur

"Kerja sama ini akan kami jalankan secara bertahap hingga seluruh wilayah Indonesia. Setelah Jabodetabek, selanjutnya akan diperluas jangkauannya ke Jawa-Bali," kata Vice President Enterprise Business Orchestration Telkom Indonesia Tanto Suratno di Jakarta, Sabtu, 27 Juli 2024.

Harapan Para Pelaku UKM di PON 2024 Sumut: Terjual dengan Laris Manis

Digitalisasi.

Photo :
  • iferu

Indibiz terus menjalin sinergi dengan berbagai startup dan pengembang atau developer untuk membantu digitalisasi bisnis UKM di berbagai daerah di Indonesia.

Kerja sama dengan Moka menjadi bagian dari langkah nyata Indibiz untuk mengakselerasi digitalisasi bisnis UKM agar semakin berdaya saing.

Kolaborasi Indibiz dengan Moka POS dapat dimanfaatkan untuk berbagai sektor bisnis UKM. Mulai dari F&B, pertokoan, perhotelan, hingga layanan kesehatan.

Indibiz.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Fitur yang dihadirkan juga mendatangkan keuntungan bagi UKM. Mulai dari proses manajemen pesanan yang lebih mudah, mengelola laporan penjualan harian, stok barang dan penghitungan pajak, membantu operasional bisnis dengan menggunakan dashboard, manajemen cabang dan survei pelanggan, serta mampu mengatur promo berupa diskon, bundle, dan program loyalty dalam satu platform.

Dengan kerja sama antara Indibiz dan Moka Pos maka pemilik usaha akan memiliki sistem point of sale (PoS) yang terintegrasi dan multifungsi.

PoS bisa diartikan sebagai sistem kasir, yang pada hal ini, menerapkan sistem komputisasi awan, atau cloud computing, yang membuat semua proses transaksi dan bisnis yang terjadi terekam secara akurat dan real-time.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya