Ekosistem Perdagangan Omnichannel dan Gaya Hidup Terpadu

Ekosistem Blibli Tiket.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Tekno – PT Global Digital Niaga Tbk atau yang dikenal sebagai Blibli, terus berinovasi untuk menjawab kebutuhan pelanggan dengan meluncurkan ekosistem perdagangan omnichannel dan gaya hidup terpadu yang diberi nama Blibli Tiket.

Dampak Buruk Perubahan Iklim bagi Lingkungan dan Manusia Makin Meningkat, Menurut WMO

Sejak diluncurkan pada 2022, Blibli Tiket berhasil mengintegrasikan platform e-commerce Blibli, platform agen perjalanan online tiket.com, dan gerai supermarket premium Ranch Market.

Inovasi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan pengalaman belanja yang lebih baik bagi konsumen, baik secara online maupun offline.

Blibli Kasih Diskon Sampai 90 Persen Produk Elektronik, Bisa Tukar Tambah

Kusumo Martanto, CEO & Co-Founder Blibli (berdiri)

Kusumo Martanto, CEO & Co-Founder Blibli (berdiri)

Photo :
  • VIVA/Trisya Frida
Sinar Mas Land Genjot Ekosistem Ekonomi Digital, Begini Caranya

Kusumo Martanto, CEO & Co-Founder Blibli (berdiri)

Kusumo Martanto, CEO & Co-Founder Blibli (berdiri)

Photo :
Sebagai bagian dari perayaan ulang tahun Blibli pada 25 Juli dan tiket.com pada 12 Agustus, bersama dengan Ranch Market pada 19 Oktober, para CEO dari ekosistem Blibli Tiket memperkenalkan perjalanan, upaya, dan terobosan mereka.

“Sinergi dan inovasi ekosistem Blibli Tiket ibarat tradisi kebersamaan makan-makan saat ulang tahun. Semua menu tersedia lengkap di atas meja. Seperti halnya komitmen kami dalam memperkuat ekosistem omnichannel terpadu, yang siap memenuhi hampir 90 persen potensi pengeluaran kebutuhan masyarakat Indonesia, mulai dari belanja harian, perjalanan, gaya hidup, produk elektronik, otomotif, tagihan bulanan hingga perabot rumah tangga, tanpa hambatan baik online maupun offline, seketika saat mereka mengakses ekosistem kami,” kata Kusumo Martanto, CEO & Co-Founder Blibli di Jakarta pada Senin, 22 Juli 2024. 

Kenal Lebih Dekat Ekosistem Blibli Tiket.

Photo :
  • Istimewa

Sementara, CEO tiket.com George Hendrata menjelaskan bahwa ada enam sinergi dan inovasi terintegrasi pada ekosistem Blibli Tiket.

Salah satu inovasi utama adalah opsi pembayaran mudah dan terintegrasi, Blibli Tiket PayLater, yang diperkenalkan sejak 2020.

Metode pembayaran ini menjadi salah satu pilihan utama bagi pelanggan di Blibli, tiket.com, dan Ranch Market, memungkinkan konsumen untuk membeli kebutuhannya sekarang dan membayar nanti.

Pada 2022, Blibli juga meluncurkan fitur Single Sign-On, yang memberikan kemudahan akses antar platform menggunakan kredensial login yang sama.

Selain itu, Blibli Tiket memperkenalkan program loyalitas terpadu, "Satu Poin Untungnya Dimana-mana" Blibli Tiket Rewards, pada 2023.

Poin loyalitas ini dapat dikumpulkan di toko fisik seperti Ranch Market, Farmers Market, Hello Store, Samsung Store, dan Blibli Store, serta digunakan untuk pembelian selanjutnya tanpa hambatan.

Di tahun ini, keanggotaan pelanggan akan sepenuhnya terintegrasi menjadi Unified Membership, memberikan nilai tambah dan kejutan bagi pelanggan.

Sebagai wujud selebrasi, program fast-track diadakan pada 10 Juni-16 Juli 2024, di mana lebih dari 145 ribu pelanggan baru bergabung, dan 2 persen dari mereka di-upgrade menjadi tier Diamond dengan berbagai manfaat.

Blibli juga meluncurkan Blibli Tiket Action, program keberlanjutan yang fokus pada enam pilar utama: penggunaan sumber daya yang bertanggung jawab, pengurangan sampah, pengurangan emisi, pengelolaan data dan privasi, pelatihan dan pengembangan, serta hubungan komunitas.

Blibli Tiket Action juga mengadakan acara tahunan Langkah Membumi Festival, yang mempertemukan ecopreneur, pihak swasta, dan penggiat keberlanjutan untuk kolaborasi dalam memerangi krisis iklim.

Johartono Susilo, CEO Ranch Market, menjelaskan bahwa sinergi dan inovasi ekosistem omnichannel Blibli Tiket bertujuan memudahkan pelanggan dengan memberikan pengalaman superior dan bernilai tambah.

Misalnya, fitur Click&Collect memungkinkan pelanggan berbelanja produk segar secara online dan mengambilnya di toko terdekat.

Blibli Tiket juga berkomitmen untuk terus mengembangkan ekosistem omnichannel terpadu dan terintegrasi, dengan beroperasinya 185 toko fisik elektronik konsumen, 62 gerai supermarket premium, dan 30 Dekoruma Experience Center di seluruh Indonesia per akhir Juni 2024.

Kusumo menegaskan bahwa upaya dan terobosan ini hanyalah permulaan dari perjalanan Blibli Tiket. Komitmen untuk terus relevan membawa Blibli Tiket menjadi pilihan pelanggan dan institusi, dengan basis pelanggan yang terus bertumbuh dan tren positif dalam cross-selling antar platform.

“Kami percaya, jika berjalan bersama, kita dapat melampaui apa yang telah kami capai. Untuk itu terima kasih kepada semua pihak yang selalu bersama kami dari tahun ke tahun. Ini merupakan permulaan perjalanan bersama. Masa depan menyajikan begitu banyak peluang juga potensi, dan kami ingin mengajak semua menjadi bagian penting atas terobosan kami selanjutnya,” jelas Kusumo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya