Kirim Reptil Enggak Perlu Risau

Direktur Utama TIKI Yulina Hastuti.
Sumber :
  • Dok. TIKI

VIVA Tekno – Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah spesies reptil terbanyak. Dengan keragaman dan keunikan spesies reptil, maka komunitas pecinta reptil di Indonesia terus bertumbuh, begitu pula aktivitas perdagangannya.

Personalisasi hingga Inovasi Layanan Digital Jadi Aspek Penting

Namun, seringkali pengiriman reptil tidak ditangani dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang tepat karena terbatasnya layanan pengiriman ekspres khusus reptil, dan banyak pelanggan yang tidak secara transparan menyebutkan isi barang kirimannya.

Hal inilah yang melatarbelakangi PT Citra Van Titipan Kilat meluncurkan layanan khusus hewan reptil yang diberi nama Tiki Tirex (Titipan Kilat Kirim Reptil Express).

Warga Korea Selatan Diamankan Karena Selundupkan 94 Ekor Reptil di Bandara Soetta

"Kami jasa kurir ekspres pertama yang memiliki prosedur penanganan resmi untuk pengiriman reptil, mencakup kadal, iguana, kura-kura, dan ular. Hewan reptil termasuk jenis kiriman khusus karena masuk dalam kategori hewan hidup," kata Direktur Utama Tiki Yulina Hastuti.

Tiki Tirex dirancang untuk memberikan keamanan dan kenyamanan maksimal bagi komunitas pecinta reptil, memungkinkan pengiriman tanpa perlu khawatir.

Penyelundupan 100 Reptil Ilegal ke Malaysia Digagalkan Bea Cukai Teluk Nibung

Peluncurannya pun diharapkan dapat memberikan pelanggan Tiki dan komunitas pecinta reptil akan pilihan layanan kiriman yang cepat, aman, dan terjangkau.

"Harapannya, pelanggan kini dapat dengan tenang mengirimkan reptil mereka," ungkapnya. Tiki Tirex melayani pengiriman reptil ke seluruh Indonesia menggunakan moda transportasi darat.

Terdapat tiga pilihan produk, yaitu Over Night Service (ONS) untuk pengiriman satu hari sampai, Same Day Service (SDS) tiba di hari yang sama, dan Regular (REG) dengan biaya lebih ekonomis dan estimasi waktu 2-3 hari kerja.

Layanan Tiki Tirex ini dilengkapi dengan fasilitas asuransi yang memberikan proteksi atas risiko kehilangan, kerusakan, atau hal-hal tak terduga lainnya dengan nilai penggantian maksimal sebesar Rp5 juta.

Untuk menggunakan layanan ini cukup mudah. Tiki hanya menerapkan minimum berat 1 kg dan menerima pengiriman reptil tak berbisa.

Pengirim diharapkan untuk memperhatikan prosedur pengiriman terkait transparansi atas isi dan jenis reptil yang akan dikirimkan.

Reptil dengan jenis berbeda harus dikemas terpisah dan akan mendapatkan nomor resi pengiriman yang berbeda. Jika terdapat jenis hewan reptil yang dilarang untuk dikirim, Tiki akan meretur kiriman tersebut kepada pengirim.

"Kami memiliki komitmen dalam menjaga kelestarian hewan langka dan menempatkan keselamatan para petugas kami sebagai prioritas. Kami akan memastikan bahwa reptil yang ditangani adalah jenis yang diperbolehkan, tidak dilarang, dan tidak berbisa," tutur Yulina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya