Alibaba Cloud Latih 2 Ribu Talenta Digital Lewat Kartu Prakerja

Alibaba Cloud.
Sumber :
  • Alibaba Cloud

VIVA Tekno – Alibaba Cloud, anak usaha Alibaba Group, menegaskan komitmennya untuk mempercepat adopsi kecerdasan buatan atau AI generatif di Indonesia melalui serangkaian inisiatif baru.

Perbanyak Ahli Keamanan Siber

Inisiatif-inisiatif ini mencakup perluasan kemitraan AI lokal, menghadirkan lebih banyak perangkat pengembangan AI, dan meluncurkan program pelatihan talenta digital AI.

"Kami berkomitmen untuk mempercepat inovasi dan adopsi AI di Indonesia," kata Sean Yuan, General Manager of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence.

Oppo Reno12 Series bikin Sejarah

Untuk itu, ada tiga penggerak utama adopsi AI generatif, yaitu kemampuan model dasar yang canggih, pengembangan software mutakhir untuk pemanfaatan large language model, dan solusi infrastruktur yang hemat biaya.

"Kami akan fokus dalam menyediakan lebih banyak sumber daya AI yang lebih komprehensif melalui ekosistem lokal kami yang berkembang, alat dan solusi baru yang mempermudah pembuatan aplikasi, serta daya komputasi AI yang lebih mudah diakses dan hemat biaya," tutur Yuan.

Pengembangan AI Butuh Infrastruktur Digital Andal

Memahami pentingnya para talenta digital yang terampil dalam mendorong adopsi AI, Alibaba Cloud bermitra dengan Kartu Prakerja, di bawah Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian, untuk meluncurkan program pelatihan talenta digital yang komprehensif.

Dengan target untuk melatih sekitar 2.000 talenta digital dalam materi yang berkaitan dengan cloud computing dan big data selama fase pertama program, kolaborasi ini bertujuan untuk membekali dan membentuk angkatan kerja Indonesia dengan keterampilan dan pengetahuan yang esensial di ekonomi era digital.

Selain itu, Alibaba Cloud juga memperkenalkan tiga mitra baru ke dalam ekosistem yang terus berkembang:

·       Lenna.ai: Merevolusi pengalaman pelanggan untuk berbagai merek melalui solusi berbasis AI yang canggih.

·       Xquisite.ai: Menyediakan solusi pengalaman pelanggan yang didorong AI untuk meningkatkan interaksi dan mendorong pertumbuhan bisnis.

·       Mapid: Menghubungkan berbagai data spasial dari sumber terpercaya untuk memberikan wawasan analisis lokasi optimal, membantu bisnis dengan visualisasi yang ditingkatkan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Perusahaan-perusahaan ini bergabung dengan mitra-mitra lama dari Zoloz, AI Rudder, 6Estates, Sobot, Techsun, sampai Sensors Data, yang telah memanfaatkan platform AI Alibaba Cloud yang kuat untuk memberikan solusi inovatif di berbagai sektor, termasuk ritel, keuangan, game, dan logistik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya