Bantu Startup Buka Lapangan Kerja

Ilustrasi startup (Endeavor).
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Tekno – Dalam beberapa tahun terakhir, tantangan dan perubahan pasar telah memengaruhi dunia usaha, namun Endeavor Indonesia tetap konsisten dalam mendukung pertumbuhan startup.

Viral Pemuda 21 Tahun Dikeroyok Debt Collector di Pasar Kemis Tangerang, Begini Kronologinya

Endeavor, sebagai komunitas global terkemuka untuk pengusaha berdampak tinggi, terus mempromosikan semangat multiplier effect, yaitu upaya untuk meningkatkan dampak dan skala bisnis para pengusaha.

Melalui berbagai layanan seperti networking dengan sesama pengusaha, akses pendanaan, platform pay-it-forward, dan mentorship dari para ahli internasional, Endeavor Indonesia berhasil membantu banyak startup berkembang dan menciptakan dampak signifikan.

Pakai AI juga Harus Ada Etika

Devina Hartono, Executive Director Endeavor Indonesia

Photo :
  • Istimewa
Genjot Kinerja Bisnis Pengusaha RI di Luar Negeri, BNI Salurkan Diaspora Loan di Jepang

Devina Hartono, Executive Director Endeavor Indonesia

Photo :
Menurut laporan terbaru dari Endeavor Indonesia, kontribusi dari startup yang didukung telah menghasilkan 31 ribu lapangan kerja langsung, meningkat 82 persen dibandingkan pada 2020.

Selain itu, 15 perusahaan dalam portofolio Endeavor mencatatkan EBITDA positif hingga kuartal pertama tahun ini.

Laporan tersebut menyoroti pencapaian penting dalam mendukung ekosistem startup di Indonesia dan menunjukkan peran signifikan Endeavor dalam memaksimalkan potensi para pengusaha.

Devina Hartono, Executive Director Endeavor Indonesia mengatakan, “Impact Report 2023 kali ini merupakan bentuk adanya peluang baru di tengah berbagai tantangan yang belakangan ini muncul. Dalam setahun belakang, kami melihat semangat pertumbuhan startup yang tak hanya berfokus menggalang pendanaan melainkan pada pengembangan bisnis yang memiliki potensi besar untuk bertumbuh dengan cepat dan berkelanjutan.”

“Hal tersebut terlihat dari mayoritas permintaan topik mentoring seperti pengembangan talenta, penjualan dan kemitraan B2B, serta cara masuk dan ekspansi pasar. Semangat multiplier effect yang kami tanamkan memungkinkan setiap pengusaha untuk tidak hanya mencapai kesuksesan individu tetapi juga menciptakan efek lanjutan yang positif untuk masa depan ekosistem startup. Kami mendorong untuk menyelami laporan ini dan mengeksplorasi strategi serta kisah-kisah yang menggambarkan ketahanan dan optimisme kami di tengah ketidakpastian,” tambahnya.

Dampak Positif dari Endeavor

Pendanaan dan Pertumbuhan Pendapatan

Perusahaan-perusahaan yang didukung Endeavor berhasil mengumpulkan pendanaan ekuitas sebesar 417 juta dolar. Pendapatan dari perusahaan-perusahaan ini mencapai 3,1 miliar dolar, meningkat enam kali lipat sejak 2020. Endeavor Indonesia telah mendukung 98 pengusaha dari 68 startup, termasuk perusahaan-perusahaan terkenal seperti eFishery, Kopi Kenangan, dan Paxel.

Pertumbuhan Sektor Commerce dan Fintech

Endeavor menunjukkan pertumbuhan pesat dalam sektor commerce, yang mendominasi hampir 60% calon pengusaha di Asia. Di Indonesia, 21% dari Endeavor Entrepreneur berada di sektor commerce, disusul oleh fintech sebesar 19%. Program mentorship seperti Scale Up by Endeavor juga banyak diminati oleh sektor commerce.

Investasi dari Endeavor Catalyst

Endeavor Catalyst, yang berfokus pada investasi di perusahaan yang dipimpin oleh pengusaha Endeavor, telah berinvestasi lebih dari 500 juta dolar di 314 usaha. Indonesia menjadi salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat, dengan investasi di perusahaan-perusahaan seperti VIDA, Paxel, dan Kresivo.

Partisipasi Perempuan dalam Komunitas Wirausaha

Endeavor mendukung pemberdayaan perempuan, dengan 50% pengusaha baru yang terpilih pada 2023 adalah perempuan. Program-program seperti Nurture to Scale dan diskusi Hari Perempuan Internasional mendukung partisipasi perempuan dalam kewirausahaan.

Fokus pada Greentech dan D2C di 2024

Dengan pergeseran pasar menuju profitabilitas dan keberlanjutan, sektor greentech dan Direct to Consumer (D2C) akan menjadi fokus utama di 2024. Tren ini didorong oleh meningkatnya belanja online dan pengembangan infrastruktur yang mendukung perusahaan berorientasi konsumen.

Mendukung Ekosistem Kewirausahaan

Endeavor Indonesia terus berkomitmen untuk meningkatkan visibilitas dan dampak para pengusaha di Indonesia dan Singapore. Dengan penunjukan Jefrey Joe dan Nick Nash sebagai co-Chairman, Endeavor berharap dapat mendorong lebih banyak inovasi dan memperluas dampak positif dari para pengusaha. Devina Hartono menambahkan, “Dengan kehadiran co-Chairman baru dan acara seperti MatchCAP Asia 2024, kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekosistem kewirausahaan yang lebih matang dan berfokus pada penciptaan lapangan kerja dan dampak sosial yang mendalam.”

Sebagai bagian dari Endeavor Global, Endeavor Indonesia telah membantu lebih dari 2500 pengusaha di lebih dari 40 negara, memperkuat jaringan mereka, dan menciptakan peluang kerja serta dampak sosial yang positif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya