Startup Insurtech Ini Manfaatkan Teknologi AI dan Machine Learning

Ilustrasi startup.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta, 10 November 2023 – Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) pada tahun 2022 mencatat pertumbuhan signifikan dalam tingkat literasi asuransi, naik dari 19,4 persen pada tahun 2019 menjadi 31,72 persen.

Catat Pertumbuhan Positif, VIVA Genjot Penguatan Lini Bisnis Digital

Survei ini juga menyoroti tren penting bahwa hampir 60 persen konsumen Indonesia memanfaatkan teknologi asuransi digital alias insurtech untuk memilih, membandingkan premi, dan mengajukan klaim asuransi.

PasarPolis Mitra memanfaatkan potensi besar dari tren ini dengan memberikan akses mudah dan inklusif ke layanan asuransi melalui platform digitalnya.

Wow! Ini Dia 10 Inovasi Gila-Gilaan yang Akan Mendominasi 2025

Melalui model kemitraan, PasarPolis Mitra memungkinkan mitra, termasuk mereka dari sektor informal, untuk memberikan referensi calon pemegang polis kepada perusahaan asuransi dan memfasilitasi pembelian produk asuransi.

Ilustrasi pasien dirawat di rumah sakit.

Photo :
  • Pixabay
Strategi Perumnas menjual rumah? Tren Gua Tunjukin, Rumah sudah Jadi, Dan Siap Huni

Chief Operating Officer PasarPolis, Michael Saputra menyatakan komitmen perusahaan untuk tetap fokus pada PasarPolis Mitra. Ia menjelaskan bahwa platform ini terus berinovasi untuk membangun ekosistem terintegrasi yang memberikan pengalaman pendistribusian produk asuransi yang tepat sasaran dan efektif.

Pada momen ini, perusahaan yang berdiri sejak 2020 itu juga meluncurkan pengembangan terbaru dalam platform digitalnya.

Dengan mengandalkan otomasi sistem rekonsiliasi data, proses mulai dari penginputan data polis hingga pembayaran premi menjadi lebih efisien dan cepat.

Salah satu implementasi terbaru adalah penggunaan akun virtual dalam proses pembayaran premi, bertujuan untuk meningkatkan kecepatan transaksi dan pencairan insentif bagi Mitra.

"Sebagai perusahaan insurtech, PasarPolis berkomitmen untuk mendemokratisasi asuransi melalui teknologi dan inovasi. Kami terus berupaya menyederhanakan proses asuransi bagi Mitra kami, menciptakan pengalaman yang lebih efektif, simpel, dan menyenangkan,” ujarnya, dikutip VIVA Tekno dari keterangan resmi.

PasarPolis Mitra menekankan tiga bidang utama dalam komitmennya: terus menyempurnakan pengalaman pengguna, membangun pengalaman pendistribusian produk asuransi secara digital, dan menyederhanakan proses asuransi.

Perusahaan juga terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi seperti big data, machine learning, dan artificial intelligence. Ini dilakukan untuk menyederhanakan dan mempercepat proses berasuransi, mulai dari pendaftaran polis hingga klaim, serta menyediakan produk asuransi yang lebih personal dan sesuai kebutuhan.

Ilustrasi asuransi

Banyak yang Sudah Melek Asuransi Tapi Minat Masyarakat Masih Rendah, Kenapa?

Literasi asuransi di Indonesia saat ini mengalami peningkatan, meski begitu, keinginan masyarakat untuk memilikinya masih rendah.

img_title
VIVA.co.id
23 Desember 2024