Ada Peran PS5 di Balik Kelahiran 2 Bayi Tabung

Ilustrasi pasangan suami istri yang memiliki bayi.
Sumber :
  • pixabay

VIVA Tekno – Startup Spanyol telah berhasil menggunakan robot penyuntik sperma untuk membuahi sel telur manusia. Program ini sukses melahirkan dua bayi tabung yang sehat.

Terpopuler: Mitos dan Fakta BPA, hingga Polusi Udara Turunkan Kualitas Sperma

Insinyur yang tidak berpengalaman dalam pengobatan kesuburan menggunakan pengontrol Sony PlayStation 5 / PS5 untuk mengontrol jarum robot guna membuahi lebih dari selusin telur.

Embrio yang sehat dari percobaan ini sekarang telah menghasilkan kelahiran dua bayi tabung perempuan — orang pertama yang lahir dari pembuahan 'robot'.

Waspada Polusi Udara Turunkan Kualitas Sperma, Ancaman Serius Bagi Kesuburan Pria

"Saya tenang. Tepat pada saat itu, saya berpikir, 'Ini hanya satu eksperimen lagi'," ujar Eduard Alba, mahasiswa insinyur mesin yang mengendalikan alat suntik sperma.

Robot ini dikembangkan oleh Overture Life – perusahaan yang bekerja untuk mengotomatisasi fertilisasi in vitro atau IVF – seperti dilansir dari situs Metro, Jumat, 28 April 2023.

Pejuang Garis Biru Wajib Tahu Fakta Program In Vitro Fertilization

Sekitar 500.000 anak dilahirkan melalui IVF secara global setiap tahun. Tetapi untuk yang satu ini merupakan proses yang mahal dan tidak dapat diakses oleh banyak orang yang membutuhkannya.

Saat ini, laboratorium IVF menelan biaya jutaan dolar, dikelola oleh ahli embriologi terlatih yang dibayar lebih dari US$125.000 setahun untuk menangani sperma dan sel telur dengan hati-hati, menggunakan jarum berongga ultra tipis di bawah mikroskop.

Ilustrasi bayi pakai bando/bandana/headband.

Photo :
  • Pixabay.

Mengotomatiskan bagian dari proses, seperti menyuntikkan sperma, membekukan sel telur, atau memelihara embrio, dapat membuat biaya IVF lebih murah.

"Pikirkan sebuah kotak di mana sperma dan telur masuk, dan embrio keluar lima hari kemudian," kata Santiago Munne, ahli genetika pemenang hadiah dan kepala petugas inovasi di Overture Life.

Rata-rata, orang di Inggris membayar 13.730 Poundsterling untuk IVF mereka. Biaya rata-rata IVF untuk pasangan sesama jenis 17 persen lebih tinggi daripada pasangan heteroseksual (15.512 Vs 13.276 Poundsterling), menurut Gaia, sebuah perusahaan asuransi IVF.

Para peneliti percaya jika IVF dapat dilakukan di dalam instrumen desktop, pasien mungkin tidak perlu mengunjungi klinik khusus. Sebagai gantinya, sel telur pasien dapat dimasukkan langsung ke sistem kesuburan otomatis di kantor ginekolog.

"Konsepnya luar biasa, tapi ini langkah kecil," kata dokter kesuburan Weill Cornell Medical Center Gianpiero Palermo, yang memelopori prosedur injeksi sperma intracytoplasmic  (ICSI) pada 1990-an.

Meski begitu, tetap saja ini menandakan terobosan dalam pengobatan kesuburan di mana masa depan bisa terlihat sangat berbeda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya