Siapa yang Cepat Beradaptasi dengan Platform Digital akan Jadi Pelopor

Transformasi digital.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA – Wanita mempunyai peranan penting bagi roda ekonomi masyarakat terlebih di zaman serba digital seperti sekarang. Bisnis melalui digital, presentasi via online, berdagang tanpa tatap muka tetapi masih bisa transaksi, berselancar mencari referensi wisata melalui konten digital di YouTube dan media sosial.

12 Wanita Dievakuasi dari Rumah Kosong di Surabaya, Dijanjikan Jadi Pemandu Lagu

Siapa yang mampu cepat beradaptasi dengan platform digital, mereka akan menjadi pelopor dan pemenang. Salah satu yang berhasil beradaptasi dengan baik terhadap permintaan akan komunikasi dan konten digital adalah QNET, perusahaan direct selling atau penjualan langsung.

"Kami sudah beradaptasi dengan baik terhadap permintaan akan komunikasi dan konten digital," kata Kepala Eksekutif QNET, Malou Caluza, dalam konferensi pers virtual, Jumat, 25 Maret 2022.

Wanita Nekat Bohongi Walkot Jaktim Modus Kerja Sama Proyek, Kerugian Capai Rp 5,8 M

Ia juga mengaku membuat komunitas pengusaha wanita yang tumbuh untuk pemberi pengaruh media sosial melalui platform bisnis dan sistem pendukung internal, terutama dua tahun terakhir selama pandemi COVID-19.

Malou menyebut telah melihat banyak wanita menjadi pencipta digital dan pemberi pengaruh untuk perubahan di komunitas mereka dengan memanfaatkan sumber daya dan pelatihan yang disediakan.

Wanita FW Rekrut Anak di Bawah Umur Jadi LC Tempat Karaoke

"Perempuan-perempuan ini datang dari semua lapisan masyarakat, beberapa dari mereka adalah ibu rumah tangga, sementara yang lain adalah karyawan yang bermimpi membangun bisnis dan komunitas mereka sendiri," ungkapnya.

Sekarang, peran perempuan sebagai pembuat konten dan pembangun komunitas digital lebih penting dari sebelumnya. Saat perbatasan dibuka kembali dan kita memasuki fase endemi, semua orang membutuhkan liburan, memerlukan healing setelah lama gerak-geriknya dibatasi.

Perempuan akan memainkan peran penting dalam mendukung inisiatif pariwisata lokal melalui media digital untuk menarik wisatawan datang. Menjadi content creator, selain bisa dijadikan pekerjaan yang menjanjikan, juga bisa berkontribusi pada perekonomian Indonesia.

"Kami berharap dapat memberikan lebih banyak wawasan tentang bagaimana keterampilan kepemimpinan, kewirausahaan, dan pembuatan konten digital sehingga dapat mendorong lebih banyak orang untuk menemukan dan merasakan keindahan Indonesia," tutur Malou.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya