Ekspansi Bisnis Gaming di Asia Tenggara

Ilustrasi memainkan game di mobile dan PC.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Telkomsel Ekosistem Digital, bersama GoTo melalui PT Aplikasi Multimedia Anak Bangsa (AMAB), bersinergi mengembangkan kuku bisnis gaming untuk pasar Asia Tenggara.

Tertinggi dalam Sejarah, GOTO Grup Cetak Adjusted EBITDA Rp 137 M Kuartal-III 2024

Kali ini, kolaborasi keduanya diwujudkan dengan membentuk perusahaan patungan (joint venture/JV) PT Games Karya Nusantara, yang mengusung brand perusahaan Majamojo.

Menurut laporan perusahaan riset game Newzoo dan Niko Partners, pertumbuhan mobile game di Asia Tenggara pada periode 2014-2017 mencapai lebih dari 180 persen. Angka tersebut diprediksi akan terus tumbuh selama lima tahun ke depan.

'Level-up' Permainanmu dengan Realme 13+ 5G

Shibuya Data Count juga memperkirakan pertumbuhan rata-rata tahunan atau Compound Annual Growth Rate (CAGR) industri game di Asia Tenggara akan mencapai 8,5 persen pada periode 2020-2025.

Fokus Majamojo terletak pada pengembangan game, mereka membuka peluang kemitraan strategis dengan perusahaan pengembang pihak ketiga.

PasarPolis Lanjutkan Kemitraan dengan Gojek Kasih Asuransi Layanan GoSend hingga GoBox

Majamojo ingin menjadi perusahaan penerbit game (publisher) dan berupaya mendorong penetrasi game buatan lokal, khususnya untuk game yang dimainkan di perangkat ponsel (mobile gaming).

Struktur kepemilikan Majamojo terdiri dari Telkomsel Ekosistem Digital sebagai pemegang saham mayoritas. Saham lainnya dipegang oleh Aplikasi Multimedia Anak Bangsa.

Untuk membantu penetrasi strategi bisnis Majamojo, Jungwon Hahn ditunjuk sebagai direktur utama dan M. Dody Darmawan sebagai direktur keuangan.

"Kami berupaya memaksimalkan keunggulan aset dan kapabilitas Telkomsel untuk mengembangkan Majamojo dalam ekosistem gaming. Kami optimistis Majamojo akan memiliki peran strategis dan bisa berkontribusi optimal dalam memajukan industri gaming di Indonesia dan Asia Tenggara," kata Kepala Eksekutif Telkomsel Ekosistem Digital, Andi Kristianto, dalam konferensi pers virtual, Rabu, 23 Februari 2022.

Kepala Kemitraan Strategi GoTo, Reggy Susanto, menilai kerja sama ini bisa mengoptimalkan layanan dan ekosistem kedua perusahaan dan menangkap peluang lebih besar industri game.

"Kami meyakini kemitraan strategis ini bisa menangkap peluang lebih besar di industri game dengan mengoptimalkan layanan dan ekosistem GoTo dan Telkomsel. Kami juga menargetkan Majamojo menjadi kekuatan unggul di Indonesia yang akan memperkuat ekosistem game di Asia Tenggara," tegas Reggy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya