Freshbox, dari Mimpi hingga Punya Ratusan Klien Hotel dan Restoran

Sayur-mayur dan buah-buahan segar.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Saat pandemi COVID-19, terutama pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), kehadiran aplikasi belanja sayur segar dan kebutuhan dapur sangat dibutuhkan. Salah satunya Freshbox, yang turut menawarkan solusi untuk memenuhi kebutuhan dapur selama pandemi.

Mau Tahu Cara Membuat Investor Tertarik pada Startup Baru Anda? Ini Langkahnya!

Mulai dari sayuran, buah buahan, daging, bumbu dapur, hingga beragam kebutuhan lainnya. Pendiri Freshbox Matthew James mengusung konsep "farm to table", yakni produk mereka dipanen setiap hari dan datang langsung dari pertanian yang mereka miliki.

"Lahirnya Freshbox dimulai dari mimpi ibu saya untuk menjual sayur-mayur yang segar karena dia sangat menyukai berkebun. Saya percaya akan mimpinya, dan bersama dengan tim yang luar biasa ini, kami kembangkan FreshBox sampai hari ini," kata dia, Senin, 9 Agustus 2021.

Apa yang Dicari Investor? 10 Faktor Kunci yang Mempengaruhi Keputusan Investasi ke Startup

Freshbox merupakan perusahaan rintisan atau startup yang awalnya menyuplai kebutuhan perusahaan yang bergerak di hotel, restoran, dan katering.

Startup ini berdiri sejak 2018 di bawah naungan PT Berkah Tani Sejahtera. Kini, FreshBox telah bekerja sama dengan ratusan klien ternama di bidang hotel dan restoran.

Mengenal Angel Investor: Pengertian, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya untuk Bisnis Pemula

Pada akhir 2018, FreshBox mulai masuk ke dalam industri marketplace di Indonesia, yaitu ke JD.ID dan Blibli.com, dan FreshBox juga mulai membuka offline store pertamanya di Mall of Indonesia (MOI), Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Dua tahun kemudian, tepatnya pada 2020, FreshBox berinovasi meluncurkan aplikasi layanan online untuk pelanggan skala rumahan. Aplikasi ini bisa di-install untuk smartphone Android maupun iOS.

Selain itu ada juga lima offline store yang berada di Mall of Indonesia (MoI), Citywalk Gajahmada, ITC Kuningan, Gandaria City, dan yang terbaru di Urban Farm PIK (Pantai Indah Kapuk).

Selain fokus pada pengembangan offline store, FreshBox juga fokus pada penyediaan layanan pada main supplier seperti JDFreshmart, Shopee seger, dan GoFresh.

Dengan konsep jadwal produksi antar petani, kerja sama ini menekan risiko hasil panen tidak terjual sekaligus membatasi persaingan di antara mereka.

Untuk distribusi, FreshBox juga memakai armada yang dilengkapi dengan chiller yang siap mengantar sampai ke pelanggan dalam kondisi segar dan berkualitas.

Bahkan, untuk menjangkau pelanggan lebih banyak lagi, FreshBox telah bekerja sama dengan Bluebird Group untuk memastikan setiap pesanan akan sampai tepat waktu pada konsumen.

"Ada beberapa hal yang unggul dari kami. Pertama, komitmen pengiriman H+1 untuk menjaga kepuasan pelanggan. Kedua, memiliki kebun sendiri sehingga produk baik kualitas maupun ketersediaannya bisa dipastikan. Ketiga, memiliki in-housefleet sendiri," ungkap Matthew.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya