Pintu UMKM Jual Produk Andalan Lewat E-Commerce Terbuka Lebar

Pameran UMKM Jepara.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/R. Rekotomo

VIVA – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah melaporkan jumlah pelaku usaha mikro kecil dan menangah atau UMKM saat ini mencapai 64,2 juta di Indonesia. Disebutkan pula UMKM telah memberikan kontribusi yang nilainya mencapai 61,07 persen dari total PDB atau Rp8.573 triliun.

Lindungi Keluarga, Indri Angga Prabowo: Ibu Cerdas Digital Jadi Kunci

Namun, hanya 16 persen yang menggunakan e-commerce untuk memasarkan produk. Oleh karena itu, digitalisasi UMKM perlu terus didorong agar mereka bisa mendapatkan kesempatan naik kelas. Dalam peningkatan UMKM dan penguatan rantai pasok, kolaborasi berbagai pihak sangat penting dan strategis untuk meningkatkan daya saing UMKM.

Untuk itu, e-commerce lokal Blibli meluncurkan program kolaborasi Galeri Indonesia x Blibli Mitra, di mana seller UMKM di kategori Galeri Indonesia dapat memperluas pasar melalui jaringan mitra toko kelontong yang tergabung di solusi omnichannel Blibli, yaitu Blibli Mitra.

Menteri Maman Pastikan Kebijakan PPN Naik Jadi 12 Persen Tak Pengaruhi Kinerja UMKM

"Kolaborasi ini bagian dari dukungan terhadap pemerintah, khususnya mendorong transformasi digital UMKM supaya masyarakat semakin mudah memperoleh produk lokal baik secara online dan offline," kata Kepala Eksekutif Blibli Kusumo Martanto, Kamis, 15 Juli 2021.

Implikasi Ketergantungan pada Kecerdasan Buatan terhadap Proses Pembelajaran

Saat ini, sudah terdapat lebih dari 45 ribu mitra toko kelontong yang bergabung dengan Blibli Mitra di seluruh Indonesia. Ia juga menyebutkan, melalui kategori Galeri Indonesia, Blibli mendukung masuknya para pelaku UMKM sebagai pemasok produk lokal yang terkurasi kepada para pemilik toko kelontong yang tergabung dalam Blibli Mitra.

Dengan begitu, produk di toko kelontong akan lebih variatif sekaligus meningkatkan potensi penjualan. Program kolaborasi antar ekosistem suatu platform digital turut diapresiasi oleh Smesco Indonesia, lembaga di bawah Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah yang bertugas membantu akses pemasaran bagi UMKM.

Omnichannel menjadi solusi nilai tambah bagi pelaku UMKM untuk memperluas pasar. Karena itu, kami terus mendorong UMKM binaan Smesco untuk terlibat dalam program Galeri Indonesia x Blibli Mitra," ungkap Leonard Theosabrata, direktur utama Smesco Indonesia.

Hibank.

Hibank Gandeng Mitra Strategis Bangun Ekosistem Digital UMKM

PT Bank Hibank Indonesia (Hibank) menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) dengan 19 mitra strategisnya dalam menciptakan lokapasar ekosistem UMKM secara digital.

img_title
VIVA.co.id
21 Desember 2024