Jangan Tunda Beli Ini Meski Pandemi Belum Mereda

Berinteraksi lewat online di tengah pandemi COVID-19.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Anak usaha PropertyGuru, Rumah.com, melansir Consumer Sentiment Study H1 2021 yang mensurvei minat dan opini terhadap 1.078 responden pencari di seluruh Indonesia yang dilakukan pada Juli hingga Desember 2020.

Bangkit Usai Dihantam Pandemi, Pendapatan Bisnis KAI Kini Tembus Puluhan Triliun

Berbeda dari semester sebelumnya, jumlah pencari rumah yang mengaku menunda transaksi properti mulai berkurang dari sebelumnya 60 persen kini menjadi 52 persen. "Meski penanganan pandemi COVID-19 masih jauh dari selesai, namun kebutuhan akan rumah bukan hal yang bisa ditunda terus-menerus," kata Country Manager Rumah.com, Marine Novita, Rabu, 27 Januari 2021.

Baca: Pandemi Bikin Bahagia, Terbukti 71 Persen Silaturahmi Lewat Daring

Kisah Rizky Ridho Jualan Ayam saat Liga Dihentikan Akibat Pandemi: Uang Sisa Rp400 Ribu

Temuan lainnya dari Rumah.com Consumer Sentiment Study H1 2021 tersebut adalah 50 persen responden menyatakan untuk menghindari membeli hunian di klaster di mana penghuninya ada yang sudah berstatus positif COVID-19.

Angka ini merupakan kenaikan dibandingkan dengan hasil survei pada semester sebelumnya yang mencatat 40 persen responden menghindari hunian dengan penghuni yang sudah terinfeksi COVID-19.

Bertemu Prabowo, GAVI Janji akan Perkuat Kerja Vaksin dengan Indonesia

Temuan tersebut dapat menjadi indikasi semakin dekatnya lingkungan yang terpapar wabah, sehingga upaya edukasi untuk mengurangi kekhawatiran yang berlebihan harus dilakukan oleh pemerintah dan industri terkait.

Tantangan lainnya adalah adanya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maupun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang saat ini sedang berlangsung di beberapa wilayah di Indonesia.

"Hal ini telah mempengaruhi bagaimana pencari rumah mendapatkan informasi tentang hunian yang akan dibeli termasuk ketika ingin melihat secara langsung unit idaman mereka," jelas Marine.

Apalagi, ungkap dia, generasi muda Indonesia memiliki niat lebih tinggi untuk memiliki rumah sendiri sekarang setelah menghabiskan lebih banyak waktu di rumah selama pandemi COVID-19. Bagi konsumen yang pertama kali akan membeli rumah kini tidak harus langsung mendatangi showroom atau unit contoh yang ditawarkan oleh para pengembang.

Sebab, berbagai panduan telah disediakan informasinya melalui www.rumah.com/panduan agar pencari rumah di masa depan dapat memahami dulu seluk beluk transaksi properti dan menyusun pertimbangan yang matang dalam pencarian rumah.

Selain panduan, juga ada fitur “StoryTeller” dari PropertyGuru FastKey, yang menghadirkan pengalaman site visit secara virtual di tengah pandemi agar pencari rumah tidak perlu langsung mendatangi lokasi.

Untuk mengetahui informasi seputar infrastruktur wilayah hunian yang menjadi incaran para pencari properti, Rumah.com juga menyediakan AreaInsider (www.rumah.com/areainsider). "Mencari hunian bukanlah keputusan yang mudah diambil, tapi kami berharap pembeli masih bisa mengambil keputusan membeli properti dengan percaya diri," papar Marine.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya