Driver Gojek Juga Bisa Kasih Rating ke Pelanggan, Begini Cara Lihatnya

Gojek pakai PCX Electric
Sumber :
  • 100kpj

VIVA – Bukan hanya pelanggan yang bisa kasih penilaian atau rating pada driver Gojek. Sebaliknya, driver juga dapat membubuhkan bintang pada pelanggan setelah menyelesaikan perjalanan. Fitur ini disebut rating pelanggan.

Apa Itu Gurita Bisnis? Menyelami Konsep Bisnis Multidimensi

Sebenarnya, rating pelanggan Gojek sudah berlaku sejak September 2018 lalu. Tapi sebagian pelanggan Gojek tak menyadarinya, karena fitur ini tak terlihat di tampilan aplikasi pelanggan. 

Gojek telah menyosialisasikan rating pelanggan tersebut pada driver di blog resmi, tertanggal 24 September 2019. Dengan fitur ini, driver dapat lebih mengenali calon penumpang sebelum melakukan penjemputan.

GoTo Gelar Program Bootcamp untuk Ciptakan Pemimpin Teknologi Masa Depan

"Fitur “Rating Pelanggan” ini dibuat untuk membantu Anda (driver) agar terhindar dari kemungkinan terkena order fiktif. Dengan begitu, Anda (driver) dapat lebih percaya dan tenang dalam menjalankan order dari Pelanggan," isi keterangan di blog itu. 

Rating pelanggan di Gojek

Polisi Buat Rekayasa Lalu Lintas Ada Demo Ojol di Monas, Ini Rutenya

Rating pelanggan diisi oleh driver setelah menyelesaikan order. Driver akan menerima ringkasan order beserta pertanyaan 'Bagaimana customer Anda?' Indikator penilaian ditampilkan dalam bintang. Bintang 5 untuk pelanggan sangat baik, bintang 4 pelanggan OK, bintang 3 pelanggan menyebalkan, bintang 2 pelanggan menjengkelkan, dan bintang 1 pelanggan sangat buruk.

Penghitungan rating pelanggan, didapat dari rating rata-rata dari 5-50 order terakhir yang diberikan rating oleh driver, serta akumulasi dari layanan tertentu (GO-RIDE, GO-FOOD, GO-CAR). Jadi, driver juga dapat membaca berapa jumlah driver yang telah memberi rating pada pelanggan.

Sayangnya, pelanggan belum dapat melihat ratingnya sendiri di aplikasi. Tapi jika ingin mengetahuinya, kita dapat bertanya pada driver setelah melakukan order dan sebelum driver pick up.

Setelah mendapat driver, kirim pesan padanya yang menanyakan berapa rating kamu. Setelah penjemputan berjalan alias driver sudah pick up, rating pelanggan tak lagi dapat dilihat. 

Fitur rating pelanggan ini juga dapat membantu driver lain untuk lebih mengetahui siapa calon pelanggan. 

Ilustrasi mitra driver Gojek.

PasarPolis Lanjutkan Kemitraan dengan Gojek Kasih Asuransi Layanan GoSend hingga GoBox

Perusahaan asuransi teknologi (insurtech) Asia Tenggara, PasarPolis, mengumumkan kelanjutan kolaborasi strategisnya dengan Gojek

img_title
VIVA.co.id
24 Oktober 2024