Bidik Pasar Fesyen Indonesia, Zilingo Disuntik Hampir Rp4 Triliun

Startup Zilingo.
Sumber :
  • The Straits Times

VIVA – Platform marketplace khusus fesyen, Zilingo, resmi memperoleh pendanaan Seri D sebesar US$266 juta atau Rp3,7 triliun. Investasi ini dipimpin oleh Temasek, Sequoia Capital, Burda Principal Investments, Sofina, dan EDBI investment fund.

Pendanaan Rp 50 Miliar, Qazwa dan eJahit Sinergi Perkuat Ekosistem Bisnis Fesyen Lokal

Dana segar ini akan dimanfaatkan untuk ekspansi di pasar Australia, Indonesia, dan Filipina, serta peningkatan infrastruktur teknologi dalam rantai pasokan fesyen dan kecantikan.

Khusus Indonesia, Zilingo bersaing dengan beberapa startup yang bergerak di bisnis sejenis seperti Berrybenka dan Sale Stock yang pada Januari lalu berganti nama menjadi Sorabel.

Indonesia International Modest Fashion Festival 2024, Pamerkan Wastra dari Sabang sampai Merauke

Co-founder dan CEO Zilingo, Ankiti Bose, mengungkapkan rasa optimis bisa menjadi platform pendukung bagi pertumbuhan pemasok produk fesyen dan kecantikan di kawasan Asia Tenggara yang berpenduduk sekitar 640 juta jiwa.

Menurutnya pendanaan ini menambah panjang daftar investasi yang telah diterima Zilingo semenjak resmi didirikan pada 2015. Tahun lalu, Zilingo berhasil mendapat pendanaan Seri C sebesar US$54 juta atau Rp740 miliar.

15 Startup Indonesia yang Termasuk Startup Unicorn. Siapa Saja Mereka?

"Keseluruhan modal yang sudah dikantongi mencapai US$308 juta atau mencapai Rp4,3 triliun," ungkap Bose, seperti dikutip dari TechCrunch, Selasa, 12 Februari 2019.

Ia juga mengaku akan membuat tools untuk membantu mitranya yang UKM saat sedang berbisnis. "Sangat penting bagi kami untuk membangun produk yang memperkenalkan pembelajaran mesin (machine learning) dan ilmu data (data science) secara efektif kepada para UKM yang mudah untuk digunakan," papar dia.

Sementara itu, Managing Director Sequioa Capital Singapura, Shailendra Singh mengatakan, bahwa pihaknya telah berinvestasi di Zilingo sejak lama. Ia mengaku sudah melakukannya sejak e-commerce itu belum terinkoporasi dan nama perusahaannya difinalisasi.

"Tim mereka berhasil mengubah ide orisinal Zilingo menjadi sebuah platform yang melayani para konsumen, penjual, retailer, brand, dan produsen di bidang fesyen secara menyeluruh yang mewakili pasar bernilai ratusan miliar dolar." (mus) 

Ilustrasi wanita berhijab.

Mengintip Tren Modest Wear di Tahun 2025, Feminin Hingga Suistainable Bakal Happening

Tidak terasa tahun akan segera berganti, begitu pun dengan tren fesyen, termasuk modest wear. Lalu, bagaimana tren busana muslim di tahun 2025 mendatang?

img_title
VIVA.co.id
4 November 2024