Terungkap Cara Perusahaan Telekomunikasi bikin Pelanggan Makin Betah

Lintasarta.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Dell Technologies mengumumkan Dell AI untuk telekomunikasi, yaitu program yang dirancang untuk mempermudah dan mempercepat penerapan kecerdasan buatan (AI) untuk penyedia layanan komunikasi atau communications service provider (CSP).

Indosat Tawarkan GPU Merdeka ke Sektor Perbankan Indonesia

Penelitian MeriTalk study terbaru mengungkapkan bahwa 48 persen eksekutif di industri telekomunikasi melihat AI sebagai teknologi yang paling transformatif di industri dalam lima tahun ke depan, tapi 68 persen menyatakan organisasi mereka kesulitan mengimbangi perubahan teknologi dan kebutuhan pelanggan yang sangat cepat.

Dell AI untuk telekomunikasi, yang merupakan bagian dari Dell AI Factory, diklaim menjawab semua tantangan tersebut dengan menggabungkan keahlian, infrastruktur dan layanan Dell dengan perangkat lunak dan silicon dari seluruh ekosistem kecerdasan buatan.

Melindungi Kepentingan Nasional Lewat Sovereign AI

Program ini akan mengembangkan dan menerapkan solusi-solusi AI on-premise yang bisa digunakan CSP untuk meningkatkan kinerja jaringan, meningkatkan layanan pelanggan dan menghadirkan nilai tambah edge-enterprise yang lebih besar.

“Memanfaatkan berbagai peluang yang dihadirkan AI telah menjadi faktor pendorong utama untuk mentransformasi cloud jaringan,” kata Dennis Hoffman, senior vice president dan general manager, Telecom Systems Business, Dell Technologies.

GPU Merdeka akan Perkuat Posisi Indonesia di Kancah Global

Dell AI untuk telekomunikasi menggabungkan keahlian dan infrastruktur Dell, dengan berbagai mitra di seluruh ekosistem untuk membantu para operator jaringan mengimplementasikan solusisolusi AI di dalam dan di atas jaringan untuk memangkas biaya operasional (opex), meningkatkan kinerja dan menciptakan peluang-peluang pendapatan baru.

Dell bekerja sama dengan Nvidia untuk mentransformasi jaringan telekomunikasi dengan solusi AI, bersama-sama membuat dan memvalidasi solusi AI telekomunikasi untuk CSP yang dibangun dan divalidasi dengan Dell AI Factory dengan Nvidia.

Memfasilitasi penerapan AI di edge jaringan telekomunikasi dengan server PowerEdge XR8000 yang kini tersedia dengan GPU Nvidia L4 Tensor Core. Server PowerEdge XR8000 ini dirancang untuk digunakan di bidang telekomunikasi dan edge.

Tersedia dalam form factor yang ringkas dengan desain modular yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang mempermudah penerapan dan pemeliharaan.

Dell telah bekerja sama dengan beberapa CSP dalam Dell Telecom Open Ecosystem Lab untuk mengembangkan solusi AI dengan infrastruktur Dell AI Factory dan mitra ekosistem untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan meningkatkan kinerja jaringan.

Lintasarta, perusahaan solusi teknologi informasi dan komunikasi Indonesia menawarkan GPU Merdeka, yaitu layanan GPUaaS, untuk menyediakan infrastruktur AI, termasuk GPU Nvidia dengan server Dell PowerEdge XE9680, untuk perusahaan di Indonesia.

Platform Mobile Network Operator (MNO) AI yang diciptakan tim ini bertujuan mengintegrasikan AI ke dalam sistem pendukung bisnis (business support system / BSS) yang sudah ada untuk meningkatkan operasional bisnis perusahaan telekomunikasi, mendorong pertumbuhan pendapatan, serta dengan cepat mengatasi dan memecahkan masalah pelanggan.

“Sebagai bagian dari kerja sama kami dengan Dell Technologies dan Nvidia, Lintasarta akan meyediakan GPU-as-a-Service (Deka GPU) dengan infrastruktur Dell AI dan GPU Nvidia untuk para pelaku bisnis nasional, sehingga mereka dapat mengakses kemampuan AI terbaru yang dirancang untuk menjawab kebutuhan komputasi yang tinggi,” ujar Gidion Suranta Barus, Chief Cloud Officer, Lintasarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya