Realme 13 Pro 5G: Menarik untuk Dilirik

Realme 13 Pro 5G.
Sumber :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

Jakarta, VIVA – Realme 13 Pro 5G hadir di Indonesia pada Kamis hari ini, 19 September 2024. Ponsel pintar (smartphone/HP) ini menjadi penyegaran dari seri sebelumnya yang diperkenalkan pada awal tahun ini.

Integrasi Sistem Akuntansi Mekari Jurnal dengan Teknologi AI untuk Efisiensi Bisnis

Perangkat genggam tersebut hadir dengan kemampuan kameranya yang diklaim mampu mengabadikan gambar dengan jernih pada berbagai skenario penggunaan.

Makin canggih lantaran Realme 13 Pro 5G sudah dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan (AI). Sejumlah kelebihan ikut ditonjolkan yang membuatnya menarik untuk dilirik.

Pidato di Hadapan Rektor se-Rusia, Megawati Cerita Jadi 'Korban' Rekayasa AI

Realme 13 Pro 5G.

Photo :
  • VIVA/Lazuardhi Utama
Kuliah Umum di Rusia, Megawati Ingatkan Potensi Konflik Dunia akibat Penyalahgunaan AI

Realme 13 Pro 5G.

Photo :
Realme 13 Pro 5G dibekali dengan spesifikasi dan fitur kamera mumpuni. Menggunakan sensor Sony LYT-600 50MP dengan ukuran 1/1.5 inci dan bukaan f/1.88, serta fitur OIS dan 2x in-sensor zoom untuk foto siang dan malam yang menakjubkan.

Sektor kameranya juga didukung lensa 26mm, berfungsi untuk menghasilkan kualitas portrait yang superior dengan rentang dinamis tinggi, hingga menghasilkan foto yang jernih di malam hari.

Ditenagai oleh sistem kamera HYPERIMAGE+ yang revolusioner, Realme 13 Pro 5G menggabungkan optik flagship, algoritma AI di perangkat, dan pengeditan gambar berbasis cloud untuk hasil yang lebih tajam dan dinamis.

Kemampuan kecerdasan buatannya hadir pada pemrosesan gambar dalam domain RAW, AI HyperRAW Algorithm Realme secara signifikan meningkatkan kejernihan gambar dan dynamic range untuk menangkap cahaya dan bayangan yang otentik dengan hasil yang sesuai dengan aslinya.

Selain itu, fitur-fitur berbasis AI juga telah diterapkan, seperti AI Pure Bokeh yang membuat hasil foto bokeh lebih sempurna, AI Natural Skin Tone untuk menghasilkan warna kulit dari subjek foto agar terlihat lebih alami, serta AI Ultra Clarity yang mampu meningkatkan resolusi secara signifikan serta membuat gambar buram menjadi lebih jernih.

Menariknya lagi, AI Ultra Clarity ini bisa meningkatkan kualitas dari foto-foto lama yang mungkin telah kehilangan detailnya seiring waktu.

Selain itu hadir juga AI Smart Removal menghapus objek tidak diinginkan dengan mudah, dan AI Group Photo Enhance memastikan detail wajah yang jelas dalam foto grup.

Untuk pengguna yang membutuhkan perekaman video, Realme menghadirkan fitur AI Audio Zoom. AI Audio Zoom. Fitur ini bekerja dengan memanfaatkan algoritma beamforming dan teknologi pengurangan noise AI.

Hasilnya, fitur ini mampu menghasilkan kemampuan penangkapan audio yang terarah. Dengan melakukan zoom in pada sumber audio, secara selektif dapat menyempurnakan suara.

Komposisi kamera dari smartphone ini terdiri dari kamera utama Sony LYT-600: 50MP yang didukung OIS, kamera ultra wide 8 MP dengan bukaan f/2.2 dan juga kamera depan 32MP.

Kemampuan video maksimalnya berada di resolusi 4K 30 fps dan mencapai 60 fps di resolusi 1080p. Hadirnya fitur-fitur ini menurut kami begitu memanjakan para pengguna Realme 13 Pro 5G, terutama bagi mereka yang gemar mengeksplorasi atau berkarya dengan kamera.

Apalagi hadirnya fitur-fitur AI yang membuat pengalaman fotografi di Realme 13 Pro 5G menjadi next-level.

Desain artistik, kinerja mumpuni

Realme 13 Pro 5G hadir dengan dua pilihan warna yang menurut kami lumayan artistik, Monet Purple dan Emerald Green. Pada varian warna Monet Purple ini terinspirasi dari keindahan karya seni Monet.

Smartphone ini punya desain yang ramping dengan ketebalan hanya 8,23mm dan bobot hanya 188 gram, yang mengadopsi desain frame kamera besar membulat di belakang, disertai dengan tulisan ”HYPERIMAGE+” yang terukir di bawah kamera.

Menariknya, desain bagian tengah dibuat terintegrasi dan menggunakan penyegelan lem layar 3D mampu kedap terhadap debu dan kedap air secara keseluruhan.

Perlu dicatat Smartphone ini sudah bersertifikasi IP65, menunjukkan Realme 13 Pro 5G sepenuhnya tahan terhadap debu dan dapat menahan semprotan air bertekanan rendah dari segala arah tanpa mengalami kerusakan.

Selain itu, daya tahan Realme 13 Pro 5G telah diakui melalui Swiss SGS Premium Performance 5 Stars Drop Resistance, di mana smartphone ini dapat tetap berfungsi dengan optimal walaupun jatuh dari ketinggian 1,65m ke lantai granit.

Realme 13 Pro 5G disematkan layar dengan panel AMOLED berukuran 6,7 inci dan beresolusi Full HD+ (2412 x 1080). Penggunaan panel AMOLED ini jelas akan mampu menampilkan konten dengan kualitas warna lebih cerah dan akurat.

Layarnya dilengkapi sebuah fitur yang disebut Rainwater Smart Touch. Fitur ini memadukan data pindaian layar untuk mendeteksi air atau sentuhan tangan.

Ketika ada air, algoritma akan memblokir respons sentuhan untuk mencegah tindakan yang tidak diinginkan.

Lalu, ada juga fitur Air Gesture yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan smartphone hanya dengan lambaian tangan.

Selain itu, Realme juga membenamkan fitur Motor linear pada tactile engine yang besar menghadirkan pengalaman sentuhan yang lebih kaya dan realists.

Realme telah menyesuaikan berbagai interaksi untuk memastikan kenyamanan maksimal saat mengetik, mengambil foto, hingga bermain game.

Realme 13 Pro 5G ditenagai chipset Snapdragon 7s Gen 2 5G menghadirkan teknologi canggih dengan proses 4nm yang hemat daya. Prosesor ini memiliki 8-core 64-bit dengan frekuensi maksimal hingga 2.4GHz.

Kinerja dari prosesor ini turut ditopang dengan RAM 12GB dan memori internal atau ROM 256GB. Pada bagian RAM bisa ditingkatkan melalui fitur RAM Expansion hingga 12GB ekstra, untuk multitasking yang lebih mulus.

Dengan begitu, berbagai aktivitas multitasking begitu lancar dijalankan. Mulai dari chat, browsing, menonton video, memutar musik, hingga bermain game, dapat kami nikmati tanpa hambatan.

Menjaga performanya  dari terjadinya panas yang berlebih, Realme menggunakan 3D VC Cooling System yang berupa sistem pendingin 9 lapis dengan VC tempered 4.500mm persegi dan grafit 9.953mm persegi.

Untuk sumber daya, Realme 13 Pro 5G mengandalkan baterai berkapasitas jumbo 5.200mAh dan sudah didukung teknologi pengisian daya cepat 45W SUPERVOOC Charge.

Promo khusus Realme 13 Pro 5G digelar selama periode flash sale pada 25 September 2024 dengan potongan harga sebesar Rp400 ribu eksklusif di Tokopedia, TikTok Shop, dan realme.com.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya