Menerka Spesifikasi dan Harga iPhone 16

Ilustrasi iPhone 16.
Sumber :
  • Toms Guide/Future

Jakarta, VIVA – Peluncuran iPhone 16 series tinggal hitungan hari, atau digelar pada Senin 9 September pukul 13.00 ET atau 10 September 2024 pukul 00.00 WIB, di Steve Jobs Theater di Apple Park, Cupertino, California, Amerika Serikat (AS).

Waspada iPhone 16 Palsu

Bocoran spesifikasinya makin menyeruak. Adapun iPhone 16 dibocorkan hadir dalam 4 varian, yakni iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. Ponsel ini juga dikabarkan memiliki warna-warna baru seperti hijau toska dan pink.

Fitur yang paling ditunggu-tunggu dari iPhone 16 series yakni keberadaan Apple Intelligence yang sudah diperkenalkan saat konferensi pengembangan Juni 2024.

Hanya iPhone Ini yang Pakai Apple Intelligence, Ada Keluarga Besar

Kabarnya, Apple Intelligence akan menyediakan Siri yang tampil lebih baru dan integrasi dengan chatbot populer milik OpenAI, ChatGPT.

Adapun detail kamera untuk keempat model telah diungkap. Melansir situs GSMArena, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus akan memiliki dua kamera seperti pendahulunya.

Kapan iOS 18 Tersedia di iPhone 16

Namun, kali ini kameranya berbeda karena ada tambahan garis dan lubang flash yang lebih kentara dibanding pendulunya.

Meskipun resolusi kamera utamanya akan sama dengan iPhone 15 series yakni 48 MP. Untuk kamera ultrawide-nya akan mendapatkan aperture f/2.2 yang lebih cepat (dibandingkan dengan f/2.4 pada model tahun lalu).

Kameranya juga mengalami peningkatan pengambilan gambar dalam cahaya rendah, dan iPhone non-Pro diduga akan mendukung fotografi makro untuk pertama kalinya. iPhone 16 Pro dan Pro Max sama-sama akan memiliki kamera telefoto 5x, tidak lagi eksklusif untuk model yang lebih besar seperti tahun lalu dan ini akan menjadi kamera 12 MP yang sama dengan aperture f/2.8.

Kamera utama pada Pro juga tidak berubah dari tahun lalu, namun akan ada perubahan signifikan pada ultrawide. Kameranya akan menjadi sensor binning piksel 48 MP yang akan memiliki piksel 0,7 mikrometer yang akan menghasilkan ukuran piksel efektif 1,4 mikrometer saat digunakan dalam mode binning.

Pemilik ponsel ini juga dapat mengambil foto ProRaw dengan resolusi 48 MP. Apple juga dikabarkan akan menambahkan format foto baru pada tahun iniyakni JPEG-XL. Kedua Pro juga akan mendukung video 3K pada 120fps dengan Dolby Vision. Terakhir, tombol capture akan hadir di keempat model iPhone 16.

Dari perspektif tren tahunan, karena Apple telah melakukan perubahan harga pada seri iPhone 15, diperkirakan jajaran produk iPhone 16 akan mempertahankan harga awal yang sama.

Mengutip situs Business Insider, harga tersebut adalah US$799 atau Rp12,2 juta untuk varian dasar, US$899 atau Rp13,8 juta untuk varian Plus, US$999 atau Rp15,3 juta untuk varian Pro, dan US$1.199 atau Rp18,4 juta untuk varian Pro Max.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya