Tidak Semua iPhone Kebagian Update iOS 18 dan Apple Intelligence

iPhone 15 series.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Satu pekan lagi raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) Apple akan menggelar hajatan dimana mereka memperkenalkan deretan produknya, seperti iPhone 16 series, AirPods dan Apple Watch baru.

Hanya iPhone Ini yang Pakai Apple Intelligence, Ada Keluarga Besar

Bersamaan dengan kehadiran smartphone tersebut, iOS 18 juga akan dirilis. iOS 18 diperkenalkan saat perhelatan WWDC 2024 pada Juni lalu. Ada banyak fitur baru yang dibawa update sistem operasi iPhone ini.

Pertama, perubahan pada user interface (UI) di Home Screen dan beberapa aplikasi utama, serta adanya penambahan fitur pada aplikasi bawaan, seperti iMessages.

Kapan iOS 18 Tersedia di iPhone 16

Untuk kali pertama, iOS 18 hadirkan kebebasan personalisasi kepada pengguna. Mirip seperti Android – yang sudah lama menerapkannya – pengguna dapat mengatur ulang letak ikon aplikasi dan widget di Home Screen secara bebas.

Tanpa harus install aplikasi pihak ketiga, pengguna dapat mengubah warna ikon dan widget aplikasi sesuai keinginan. Mau efek gelap atau terang, atau disesuaikan dengan latar warna pada Wallpaper di Home Screen.

5 Fitur Apple Intelligence yang Bisa Dicoba di iOS 18

Lalu, Control Center tak luput dari rombakan Apple. Pada iOS 18, pengguna dapat membuat kelompok kontrol baru. Jadi, ada beberapa layer yang bisa dibuat pada Control Center, beralih antar halaman tinggal scroll saja.

Berikut daftar iPhone yang mendukung iOS 18:

iPhone SE (generasi kedua atau yang lebih baru)
iPhone XR
iPhone XS
iPhone XS Max
iPhone 11
iPhone 11 Pro
iPhone 11 Pro Max
iPhone 12
iPhone 12 mini
iPhone 12 Pro
iPhone 12 Pro Max
iPhone 13
iPhone 13 mini
iPhone 13 Pro
iPhone 13 Pro Max
iPhone 14
iPhone 14 Plus
iPhone 14 Pro
iPhone 14 Pro Max
iPhone 15
iPhone 15 Plus
iPhone 15 Pro
iPhone 15 Pro Max

Dengan kata lain, jika memiliki iPhone dari 2017, atau bahkan sebelumnya (iPhone 8 atau iPhone X), pengguna dipastikan tidak bisa update iOS terbaru. Meski begitu, iPhone tetap berfungsi kendati tidak memiliki fitur terbaru.

Tidak hanya iOS 18, yang paling dinantikan fanboy adalah Apple Intelligence. iPhone terbaru akhirnya layak disebut AI Phone lewat Apple Intelligence.

Banyak fitur berbasis AI yang dibawa Apple untuk beberapa iPhone yang mendukung, seperti Writing Tools yang memudahkan pengguna saat menulis, Image Playground berbasis AI-Generated Content (AIGC), Clean Up, dan sebagainya. Daftar iPhone yang mendukung Apple Intelligence:

iPhone 15 Pro
iPhone 15 Pro Max
iPhone 16
iPhone 16 Plus
iPhone 16 Pro
iPhone 16 Pro Max

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya