Ucapkan Selamat Tinggal untuk 6 HP Populer Xiaomi

Poco F3.
Sumber :
  • TrendyWebz.com

Jakarta, VIVA – Xiaomi merupakan merek yang cukup dikenal di dunia teknologi, terutama smartphone dan tablet.

Xiaomi Siap Menggebrak

Dalam beberapa tahun terakhir, raksasa teknologi China itu sudah meluncurkan banyak perangkat, dan di antaranya terjual dalam jumlah besar.

Namun, seperti semua produk teknologi, perangkat Xiaomi juga punya masa pakai terbatas atau kedaluarsa.

Xiaomi to Launch Button-less Smartphone in 2025

Setelah jangka waktu tertentu, Xiaomi memutuskan untuk berhenti menyediakan pembaruan untuk sejumlah perangkat.

Keputusan ini disebut “End of Life” (EOL), yang berarti perangkat tersebut tidak akan lagi menerima pembaruan perangkat lunak (software) maupun keamanan. Apa saja?

Xiaomi Akan Luncurkan HP Tanpa Tombol Fisik

Mengutip situs Gizmochina, Senin, 2 September 2024, ada enam perangkat yang masuk 'kotak' EOL.

Keenamnya adalah Xiaomi Mix 4, Xiaomi Pad 5 Pro 5G, Xiaomi Pad 5, Poco F3 GT, Poco F3, dan Redmi K40.

Per 27 Agustus kemarin, keenamnya secara resmi tidak akan menerima pembaruan lagi di masa mendatang.

Enam perangkat yang masuk dalam daftar EOL dahulu merupakan seri yang populer. Misalnya, Xiaomi Mix 4, dikenal dengan desainnya yang inovatif dan performa yang tangguh.

Lalu, seri Xiaomi Pad 5 juga disukai oleh pengguna karena layarnya yang berkualitas tinggi dan perangkat keras yang tangguh.

Poco F3 GT dan Poco F3 populer karena menawarkan performa hebat dengan harga yang terjangkau. Redmi K40 meraih kesuksesan besar, terutama di pasar China.

Meski begitu, penambahan perangkat ke daftar EOL dapat menimbulkan kekhawatiran bagi pengguna. Tanpa pembaruan, keenam perangkat ini akan menjadi lebih rentan terhadap risiko keamanan dari waktu ke waktu.

Perangkat ini juga tidak akan mendapatkan fitur baru atau peningkatan kinerja. Namun, perangkat ini akan tetap berfungsi dan dapat digunakan dengan fitur yang ada.

Xiaomi biasanya membuat keputusan ini setelah perangkat berada di pasaran selama jangka waktu tertentu, biasanya 2-3 tahun.

Setelah periode ini, Xiaomi memfokuskan sumber daya dan dukungan teknisnya pada perangkat yang lebih baru. Itulah sebabnya mereka berhenti menyediakan pembaruan untuk model lama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya