Xiaomi Siap Menggebrak

Logo Xiaomi.
Sumber :
  • The Financial Express

Jakarta, VIVA – Xiaomi sepertinya ingin mengejar Huawei dalam hal pengembangan ponsel lipat (HP lipat). Ketika Huawei dikonfirmasi mengembangkan ponsel pintar lipat tiga dan rumornya akan meluncur pada September 2024, Xiaomi tidak tinggal diam.

Ucapkan Selamat Tinggal untuk 6 HP Populer Xiaomi

Dilansir Gizmochina, Kamis, 29 Agustus 2024, leaker Smart Pikachu melalui unggahannya di Weibo, menyebutkan bahwa Xiaomi mulai mengembangkan ponsel lipat tiga (triple-folding smartphone).

Sayang, informan tersebut tidak membagikan informasi apa pun tentang spesifikasi perangkat tersebut. Tapi, kemungkinan besar, ponsel lipat tiga Xiaomi akan resmi diluncurkan pada Februari 2025 selama Mobile World Congress (MWC).

Xiaomi to Launch Button-less Smartphone in 2025

Perangkat yang kemungkinan besar masuk ke dalam seri Mix tersebut akan dilengkapi HyperOS 2.0, pengaturan kamera rancangan Leica, dan chipset unggulan Snapdragon.

Saat ini, Xiaomi menawarkan dua jenis ponsel lipat. Mix Fold 4, yang diluncurkan bulan lalu, merupakan ponsel pintar lipat horizontal generasi keempat dari perusahaan tersebut.

Xiaomi Akan Luncurkan HP Tanpa Tombol Fisik

Di sisi lain, Mix Flip, yang diluncurkan dengan Mix Fold 4, merupakan ponsel layar lipat bergaya flip pertama dari perusahaan tersebut. Bukan itu saja. Xiaomi juga dilaporkan tengah mengembangkan chipset 4nm sendiri.

Laporan yang muncul pada awal tahun ini mengklaim bahwa Xiaomi bekerja sama dengan Unisoc dalam pengembangan chipset barunya tersebut.

Chipset merek Xiaomi pertama dari kolaborasi ini akan diluncurkan pada awal 2025, atau mungkin di ajang MWC.

Dilansir GSM Arena, informasi ini datang dari leaker Yogesh Brar, yang membagikan beberapa detail penting tentang chip Xiaomi yang akan datang.

Chip ini kabarnya akan dibuat pada node N4P 4nm TSMC dan akan menampilkan modem 5G yang dikembangkan oleh Unisoc.

Chipset ini diharapkan menawarkan kinerja tingkat Snapdragon 8 Gen 1 yang merupakan prosesor andalan Qualcomm yang mendukung perangkat kelas atas pada 2021 dan 2022. Ini bukan pertama kalinya Xiaomi mencoba mengembangkan chipset.

Pada 2017, merek tersebut meluncurkan ponsel pintar Mi 5c yang menampilkan chipset Surge S1 internalnya sendiri.

Prosesor Xiaomi kelas menengah ini dibuat pada proses 28nm dan menampilkan 8x inti Cortex A53, setengahnya memiliki clock 2,2 GHz dan setengahnya lagi pada 1,4 GHz bersama GPU Mali-T860.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya