Xiaomi Akan Luncurkan HP Tanpa Tombol Fisik

Xiaomi HyperOS.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Raksasa teknologi China Xiaomi akan merilis ponsel pintar (smartphone/HP) tanpa tombol fisik. Jika tidak ada aral-melintang, perangkat tersebut diluncurkan pada 2025.

Ucapkan Selamat Tinggal untuk 6 HP Populer Xiaomi

Informasi ini keluar dari pembocor tepercaya chunvn8888 (via SmartPrix), seperti dikutip dari situs Digital Trends, Selasa, 27 Agustus 2024.

Menurutnya, Xiaomi saat ini sedang dalam tahap pengembangan HP andalan baru untuk dikeluarkan tahun depan yang tidak akan memiliki tombol daya dan volume fisik.

Xiaomi Siap Menggebrak

Jika benar-benar dirilis, maka ponsel pintar Xiaomi ini akan menjadi satu dari sedikit smartphone yang tidak memiliki tombol fisik. Bagaimana Xiaomi bisa mengganti tombol pada HP yang bocor ke publik?

Situs Android Authority memberi masukan kepada Xiaomi agar smartphone barunya tersebut menggunakan tombol kapasitif atau sensor yang peka terhadap tekanan.

Xiaomi to Launch Button-less Smartphone in 2025

Lebih jauh, motor getar dapat merekam masukan dan memberikan umpan balik haptik. Sebagai informasi, tombol pada HP sering digunakan untuk menghidupkan ulang ponsel saat layar tidak mau menyala atau macet.

Apakah fungsinya kini perlu diganti dengan cara yang lebih ringkas? Jika Anda menyukai Xiaomi tapi tidak ingin menunggu HP tanpa tombol fisik muncul, janga khawatir.

Karena, Xiaomi 15 Ultra, diharapkan meluncur awal 2025, bisa menjadi penghibur. Smartphone ini digadang-gadang menjadi rival Samsung Galaxy S25 Ultra/Note yang juga akan rilis di tahun yang sama.

Namun demikian, ide HP tanpa tombol fisik bukanlah hal baru. Pada 2018, HTC memperkenalkan U12 Plus, yang menawarkan fitur “Edge Sense” yang memungkinkan pengguna mengendalikan ponsel dengan hanya meremas sisi bodi.

Satu tahun kemudian, Vivo Apex 2019 menyusul yang menyertakan konektor daya magnetik untuk pengisian daya dan transfer data.

Lalu, Meizu Zero adalah ponsel pintar konsep lain yang tidak memiliki tombol fisik lantaran mengandalkan sensor sidik jari dalam layar dan pengisian daya nirkabel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya