6 Tips Simple HP Awet

HP Poco.
Sumber :
  • Dok. Poco

Jakarta, VIVA – Ponsel pintar (smartphone/HP) sekarang ini mesti digunakan secara bijak karena sudah menjadi kebutuhan primer.

This Country Bans Smartphone, Smartwatch, Tablet, in Schools

Jangan asal pakai saja tapi harus paham juga cara merawatnya. Nah, biar HP yang baru dibeli awet, ada tips bijak dari Poco yang harus dipraktikkan. Mulai dari efisiensi hingga perawatan:

Mengelola aplikasi

Konsumen Indonesia Mulai Beralih ke Smartphone Harga Rp7 jutaan

Kalau ada aplikasi di hape yang jarang digunakan, lebih baik nonaktifkan atau hapus saja demi menghemat memori maupun daya baterai.

Selain itu, penting juga, nih, mengatur izin siapa yang berhak menggunakan aplikasi tertentu buat menjaga privasi dan keamanan.

Pemerintah Larang Smartphone, Tablet dan Smartwatch di Sekolah

Bijak mengonsumsi data

Biar penggunaan data lebih efisien alias irit kuota, utamakan menggunakan wi-fi untuk aplikasi-aplikasi yang lahap memakan data, seperti aplikasi yang memerlukan streaming atau download.

Jangan abai

Saat ngecas baterai, lakukan dengan cara yang tepat. Yakni, menghindari pengisian daya berlebihan, serta nggak disarankan, ya, menggunakan hape sambil ngecas. Dan ada satu hal lagi yang biasanya sering diabaikan: kalibrasi baterai.

Lakukan setiap dua atau tiga bulan sekali, untuk menjaga performa baterai dan sinkronnya angka persentase pada indikator baterai dengan daya yang sebenarnya terisi.

Bersih-bersih HP

Bagian HP yang paling sering kotor dan dipenuhi bakteri adalah layar. Buat membersihkannya, pastikan hape dalam keadaan mati lebih dulu.

Kemudian, bersihkan layar menggunakan kain mikrofiber (biasa digunakan sebagai pembersih lensa kacamata) yang sedikit dibasahkan dengan isopropyl alcohol berkonsentrasi 20 sampai 30 persen.

Lakukan rutin seenggaknya sekali sehari. Bersihkan pula port (lubang colokan) yang ada menggunakan cotton bud berujung runcing secara hati-hati.

Jangan meniupnya untuk menghindari cipratan air liur masuk, dan jangan menggunakan hair dryer karena udara bertekanan tinggi berpotensi merusak komponen di dalam HP.

Kasing tambahan HP juga perlu dibersihkan berkala, lho. Setelah dicopot, bersihkan casing menggunakan air sabun hangat dengan menggosoknya minimal 20 detik. Keringkan sampai betul-betul enggak ada sisa air yang tertinggal.

Di samping bersih-bersih fisik HP, bersihkan pula file-file yang sudah enggak diperlukan. Tak ketinggalan, bersihkan cache hingga residual file dari aplikasi yang telah di-uninstall sebelumnya menggunakan fitur Cleaner, untuk mengoptimasi media penyimpanan di smartphone.

Update perangkat lunak

Pembaruan sistem operasi maupun aplikasi bermanfaat agar HP selalu kompatibel dengan perkembangan software terkini, juga untuk meningkatkan fitur keamanan, mengoptimalkan kinerja, dan masih banyak lagi.

Sebaiknya menggunakan wi-fi ketika melakukan update mengingat cenderung lebih stabil. Pastikan daya baterai cukup, minimal terisi 50 persen, sebelum mulai demi mencegah munculnya masalah jika smartphone mati saat proses update. Kalau update memakan waktu lama, jaga-jaga seandainya HP minta dicas agar tidak kehabisan daya.

Harus orisinal

Tidak disarankan menyimpan HP di tempat bertemperatur panas, atau menindihnya dengan benda berat. Buat pemakaian aksesori, seperti charger, power bank, headset, dan sebagainya, selalu pilih yang orisinal untuk jaminan kualitas serta bikin lebih tenang saat menggunakannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya