2 Keunggulan iPhone, Bisa Bantu Wasit Sepak Bola

iPhone 15 series.
Sumber :
  • iBox

Jakarta, VIVA – iPhone terus memperluas fungsionalitasnya, tidak hanya sebagai alat komunikasi saja, tetapi juga sebagai perangkat yang dapat membantu di berbagai bidang mulai dari dunia olahraga hingga transaksi harian.

Lunasi Cicilan iPhone Pegawai Random, Seleb TikTok Iben Ma Dicap Netizen Salah Sasaran Berbagi

Dua inovasi terbaru yang menarik perhatian adalah penggunaan iPhone dalam membantu wasit sepak bola mendeteksi pelanggaran offside serta kemampuan tap-to-pay yang semakin memudahkan pengguna dalam melakukan pembayaran dan akses lainnya.

iPhone Membantu Wasit Sepak Bola Deteksi Offside

Samsung Galaxy S25 Ultra Siap Gabung 'Klub Sultan' bersama Apple iPhone 14 hingga Huawei

Ilustrasi pertandingan sepakbola Indonesia.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
iPhone 16 Series jadi Era Baru, Tengok Spesifikasi dan Harga

Teknologi iPhone kini digunakan oleh Liga Premier Inggris untuk membantu wasit dalam mendeteksi pelanggaran offside di lapangan sepak bola.

Dalam kerja sama dengan Genius Sports, sejumlah iPhone, terutama model iPhone 15 Pro dipasang di berbagai sudut lapangan untuk merekam pergerakan pemain.

Dilansir dari The Verge, dengan menggunakan 24 hingga 28 unit iPhone yang dilengkapi dengan teknologi pembelajaran mesin, sistem ini disebut "Semi-Assisted Offside Technology" (SAOT).

iPhone mampu merekam hingga 100 frame per detik, menghasilkan data visual yang sangat detail. Data tersebut digunakan untuk membuat model 3D dari setiap pemain di lapangan, yang kemudian membantu wasit menentukan posisi offside dengan lebih akurat.

Teknologi ini dirancang untuk memberikan keputusan yang lebih cepat dan tepat dibandingkan dengan sistem Video Assistant Referee (VAR) yang sudah digunakan sebelumnya, terutama dalam situasi di mana pelanggaran offside sulit terlihat dengan jelas.

Kemudahan Pembayaran dengan Fitur Tap-to-Pay

iPhone 15 Pro.

Photo :
  • TechCrunch

Selain membantu di lapangan sepak bola, iPhone juga memperkenalkan pembaruan yang akan memudahkan pengguna dalam melakukan pembayaran dengan fitur tap-to-pay. Mulai dari iOS 18.1, Apple memungkinkan pengembang untuk menawarkan transaksi NFC dalam aplikasi menggunakan Secure Element. 

Sebelumnya, hanya Apple Pay yang dapat diakses melalui tombol samping iPhone. Namun, dengan pembaruan ini, pengguna dapat mengatur aplikasi pembayaran contactless favorit mereka yang bisa diakses dengan dua kali klik tombol samping.

Fitur ini tidak hanya terbatas pada pembayaran di toko, tetapi juga mencakup berbagai transaksi lainnya, seperti kunci mobil, kartu transit, kartu identitas perusahaan, kartu pelajar, kunci rumah dan hotel, serta tiket acara. Hal ini tentunya memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi pengguna iPhone dalam berbagai situasi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya