iPhone 16 Pro Bakal Punya Tombol Kamera Khusus

Ilustrasi iPhone 16.
Sumber :
  • Toms Guide/Future

Jakarta, VIVA – Kabar terbaru mengenai iPhone 16 Pro mengungkapkan bahwa Apple akan menambahkan tombol baru yang didedikasikan khusus untuk kamera pada ponsel ini.

Lunasi Cicilan iPhone Pegawai Random, Seleb TikTok Iben Ma Dicap Netizen Salah Sasaran Berbagi

Rencananya, iPhone 16 Pro akan diperkenalkan pada bulan September mendatang. Tombol kamera khusus ini bakal mempermudah pengguna untuk mengambil foto dan video, mirip dengan tombol rana yang biasa ditemukan pada kamera DSLR.

Tombol rana baru ini akan berfungsi berdasarkan seberapa kuat pengguna menekannya. Tekanan ringan pada tombol ini akan mengaktifkan autofocus, sedangkan tekanan yang lebih kuat akan langsung mengambil gambar, seperti dilansir dari Tom’s Guide.

Harga iPhone 16 Bisa Beli Motor Baru Ini dan Masih ada Kembalian

iPhone 16.

Photo :
  • MacRumors
Samsung Galaxy S25 Ultra Siap Gabung 'Klub Sultan' bersama Apple iPhone 14 hingga Huawei

Selain itu, tombol ini juga bisa digeser untuk memperbesar atau memperkecil gambar saat pengguna sedang mengambil foto atau merekam video.

Fungsi ini menjadikan tombol kamera ini lebih praktis dan intuitif untuk pengguna yang gemar fotografi. Apple selama ini dikenal jarang menambahkan tombol baru ke iPhone.

Bahkan, tren yang kita lihat selama ini adalah Apple cenderung mengurangi jumlah tombol pada perangkatnya.

Namun, hal ini tampaknya berubah ketika mereka memperkenalkan tombol aksi pada iPhone 15 Pro tahun lalu.

Tombol aksi tersebut dapat dikonfigurasi untuk berbagai fungsi, termasuk membuka aplikasi kamera dan digunakan sebagai tombol rana. Meski begitu, tombol volume juga tetap bisa digunakan untuk mengambil gambar.

Ilustrasi iPhone 16

Photo :
  • Toms Guide/Future

Berdasarkan informasi yang bocor, versi iPhone 16 yang lebih murah juga akan mendapatkan tombol aksi dari iPhone 15 Pro.

Namun, belum ada kepastian apakah model iPhone 16 lainnya juga akan dilengkapi dengan tombol kamera khusus ini.

Selain itu, iOS 18 yang akan datang juga dikabarkan akan menawarkan opsi baru pada Layar Kunci dan membuat pusat kontrol lebih bisa disesuaikan.

Ini mungkin membuat tombol aksi kurang signifikan, namun tombol kamera khusus tetap menjadi nilai tambah yang menarik bagi pengguna iPhone 16 Pro.

Walaupun masih banyak yang belum terungkap, satu hal yang pasti, fitur baru ini menunjukkan Apple semakin serius dalam meningkatkan pengalaman pengguna, terutama dalam hal fotografi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai iPhone 16 dan bocoran lainnya, kita tunggu saja peluncurannya pada September mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya