Produk Oppo Ada untuk Semua Segmen, Enggak Pilih-pilih
- Misrohatun Hasanah
Jakarta, VIVA – Perusahaan riset Counterpoint menyebutkan bahwa Oppo masih masuk lima besar pemimpin pasar ponsel pintar (smartphone/HP) bersama Samsung, Realme, Vivo, dan Xiaomi di Indonesia pada kuartal I 2024.
Meski begitu, pengiriman smartphone Oppo di kuartal pertama tersebut dinilai kurang mengalami penurunan sebesar 17 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya atau kuartal I 2023.
Menurut Counterpoint, penurunan terjadi karena Oppo mengurangi penjualan untuk segmen entry-level pada periode ini.
Head of Public Relations Oppo Indonesia Arga Bima Jaksana Putra mengaku tetap menggunakan strategi meluncurkan ponsel pintar untuk semua segmen, baik flagship (kelas atas/premium), mid-range (menengah), dan entry-level (pemula) agar tetap eksis dan menjaga pertumbuhan bisnis hingga akhir 2024.
Dalam dua tahun terakhir, kata dia, Oppo getol menggencarkan pemasaran produk flagship. Mulai dari merilis Find N Flip dan akhirnya disusul dengan kehadiran generasi penerus seperti Find N2 Flip, Find N3, dan Find N3 Flip.
Meski begitu, Oppo tidak melupakan merilis produk-produk baru untuk kelas menengah dan pemula, seperti Reno10 series untuk kelas mid-range, Oppo A78 dan A38 untuk kelas pemula, di 2023.
"Kenapa kami bisa terus ada sebagai market leader di tahun 2022 dan 2023, karena kami kasih produk yang lineup-nya bisa mengisi setiap segmen. Jadi, enggak ada fokus harus ke segmen low-end (entry-level) saja, atau flagship maupun mid-range," tegas Arga di Jakarta, Kamis, 1 Agustus 2024.