Xiaomi Bakal Siapkan Pabrik yang Beroperasi 24 Jam Tanpa Manusia

Xiaomi bakal menyiapkan pabrik yang mampu beroperasi 24 jam tanpa manusia.
Sumber :
  • Twitter Lei Jun

VIVA Tekno – Xiaomi raksasa teknologi asal China, kembali membuat gebrakan dengan mengumumkan akan segera beroperasinya pabrik pintar generasi baru di Changping, Beijing.

Pabrik Bahan Baterai Mobil Listrik Neo Energy Dibangun, Airlangga Pede Dongkrak Ekonomi Morowali

Pabrik ini diklaim mampu memproduksi ponsel pintar secara otomatis tanpa memerlukan campur tangan manusia selama 24 jam penuh.

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh CEO Xiaomi, Lei Jun, melalui akun Weibonya. Dalam video promosi yang dirilis, Lei Jun memamerkan berbagai teknologi canggih yang diadopsi dalam pabrik pintar ini.

Teknologi Ini Punya Filter Vitamin C

Xiaomi Bakal Siapkan Pabrik yang Beroperasi 24 Jam Tanpa Manusia

Photo :
  • Twitter Lei Jun
Kiamat Akan Terjadi Jika Hal Ini Dibiarkan Begitu Saja

Salah satu fitur menonjol adalah kemampuan mesin-mesin dalam pabrik untuk bekerja sama secara sinergis dan menciptakan lingkungan produksi yang bebas debu.

Dengan mengandalkan sistem kontrol produksi pintar yang dikembangkan sendiri, Xiaomi menargetkan produktivitas yang sangat tinggi.

Pabrik ini diklaim mampu memproduksi satu unit ponsel pintar setiap detiknya. Kualitas produk pun dijamin karena seluruh proses produksi diawasi secara ketat oleh mesin pintar.

Untuk mewujudkan pabrik pintar ini, Xiaomi dilaporkan telah menginvestasikan dana sebesar 2,4 miliar Yuan (sekitar Rp5,4 triliun).

Pabrik yang terdiri atas lahan seluas 81.000 meter persegi ini juga telah mendapatkan sertifikasi sebagai perusahaan benchmark manufaktur pintar nasional dengan kapasitas produksi tahunan mencapai 10 juta unit ponsel flagship.

Salah satu fokus utama pabrik pintar ini adalah produksi ponsel lipat generasi terbaru Xiaomi, yakni Xiaomi MIX Fold 4 dan Xiaomi MIX Flip.

Dengan teknologi produksi yang canggih, Xiaomi diharapkan mampu menghasilkan ponsel lipat dengan kualitas yang lebih baik dan lebih tahan lama.

Meskipun pabrik pintar di Changping ini merupakan langkah terbaru Xiaomi dalam mengadopsi teknologi otomasi, perusahaan ini sebenarnya telah lama menggunakan sistem produksi otomatis.

Pabrik pintar Xiaomi di Yizhuang, Beijing, telah beroperasi sejak awal 2019 dan berhasil memproduksi ponsel lipat Xiaomi Mix Fold secara penuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya