iPhone 16 Belum Rilis, tapi Sudah Ada Bocoran iPhone 17 dan 18

iPhone 16.
Sumber :
  • MacRumors

VIVA Tekno – Meskipun iPhone 16 belum diluncurkan, tapi sudah ada berbagai bocoran tentang rencana Apple untuk iPhone generasi berikutnya, yaitu iPhone 17 dan iPhone 18.

Keamanan HP Samsung Murah Tidak Kaleng-kaleng

Informasi ini berasal dari Ming-Chi Kuo, seorang analis industri dan penyebar rumor terpercaya seputar Apple.

Ming-Chi  Kuo menyebutkan bahwa Apple mungkin akan menghentikan produksi model iPhone Plus mulai tahun depan dan menggantinya dengan model baru yang disebut iPhone 17 Slim.

iPhone 16 Makan Korban

Ilustrasi iPhone 16 dan iPhone 16 Plus.

Photo :
  • GSMArena
Apple Fires 100 Employees from Its Apple Books Apps

Model ini diharapkan menjadi iPhone tertipis yang pernah dibuat, mirip dengan iPad Pro terbaru yang merupakan tablet tertipis dari Apple.

Layar iPhone 17 Slim diperkirakan akan berukuran 6,6 inci dengan resolusi 1260x2740, serta menggunakan chip A19, sedangkan model iPhone 17 Pro akan menggunakan A19 Pro, seperti dilansir dari GSMArena

Satu aspek menarik dari iPhone 17 Slim adalah penggunaan hanya satu kamera belakang, yang berbeda dengan tren saat ini yang mengedepankan beberapa kamera.

Meskipun ini mungkin terlihat sebagai langkah mundur, Apple dikatakan lebih fokus pada desain inovatif daripada spesifikasi perangkat keras.

iPhone 16

Photo :
  • MacRumors

Paduan logam yang digunakan untuk bingkai iPhone 17 Slim akan memiliki persentase titanium yang lebih rendah dibandingkan dengan model Pro, menunjukkan fokus pada estetika dan gaya daripada bahan premium.

Selain itu, iPhone 17 Slim akan dilengkapi dengan chip 5G buatan Apple yang sudah lama dinantikan.

Meskipun tampaknya Apple mengambil risiko dengan pendekatan ini, keberhasilan hanya perlu mencapai 15 persen dari total penjualan iPhone baru, yang akan jauh lebih sukses dibandingkan dengan model yang digantikannya.

Sementara itu, untuk iPhone 18, Apple dirumorkan akan mulai mendiversifikasi pemasok sensor kameranya. Saat ini, Sony mendominasi pasokan sensor kamera untuk iPhone, tetapi menurut Kuo, Apple akan mulai membeli sensor dari Samsung untuk seri iPhone 18 yang direncanakan rilis pada musim gugur 2026. Sensor tersebut, yang berukuran 48 MP dengan ukuran 1/2.6 inci, akan digunakan untuk kamera ultrawide.

Samsung dikatakan telah membentuk tim khusus untuk memenuhi kebutuhan Apple, menunjukkan keseriusan dalam kerja sama ini.

Namun, belum jelas bagaimana perubahan ini akan mempengaruhi kualitas kamera iPhone 18 dibandingkan dengan model sebelumnya yang menggunakan sensor Sony.

Apple diharapkan tetap mempertahankan standar kualitas yang tinggi, sehingga pengguna tidak perlu khawatir tentang penurunan kualitas kamera.

Dengan berbagai bocoran ini, para penggemar Apple sudah bisa mengantisipasi beberapa inovasi menarik yang akan datang, bahkan sebelum peluncuran iPhone 16.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya