Vivo X Fold3 Pro dan Vivo X100 Siap Duel dengan Samsung

Vivo X Fold3 Pro.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Tekno – Dalam persaingan ketat industri smartphone, Vivo dan Samsung terus berinovasi dan memperkenalkan produk-produk unggulan mereka.

Samsung Galaxy M15 5G, Ponsel Rp2,7 Juta tapi Keamanannya Standar Flagship

Vivo baru saja meluncurkan Vivo X Fold3 Pro dan Vivo X100 Series di Indonesia, siap menghadapi raksasa teknologi Samsung yang juga memperkenalkan pembaruan besar dengan fitur Galaxy AI.

Bahkan, beredar kabar juga bahwa Samsung akan segera meluncurkan produk terbaru mereka dengan perubahan besar. Bagaimana kedua perusahaan ini bersaing dalam menawarkan teknologi terbaik untuk pengguna?

Indonesia Didorong Jadi Contoh Melindungi Kedaulatan Hadapi Revolusi

Vivo X Fold3 Pro

Smartphone AI untuk Kebutuhan Gaya Hidup Digital

Vivo X Fold3 Pro.

Photo :
  • VIVA/Trisya Frida

Pada 12 Juni 2024, Vivo Indonesia meluncurkan Vivo X Fold3 Pro. Smartphone ini dilengkapi dengan teknologi AI canggih, termasuk SmartFold AI yang mencakup AI Note Assistant, AI Transcript Assist, dan AI Global Translation.

Menariknya, fitur-fitur ini dapat berfungsi tanpa koneksi internet, memberikan aksesibilitas kapan saja dan di mana saja.

Desainnya yang sangat tipis dan ringan menjadi salah satu keunggulan utama, dengan berat hanya 236 gram dan ketebalan 5,2 mm saat dibuka serta 11,2 mm saat dilipat.

Ponsel ini juga dilengkapi baterai 5700mAh BlueVolt yang tahan seharian dan fitur pengisian cepat 100W FlashCharge.

Dua layar besar 8,03 inci di dalam dan 6,53 inci di luar dengan kecerahan puncak 3.000 nits memastikan visibilitas luar biasa dalam berbagai kondisi pencahayaan.

Vivo X Fold3 Pro hadir dalam warna Eclipse Black dan Solar White, serta dilindungi oleh Armor Architecture dan Armor Glass untuk memberikan perlindungan ekstra.

Sistem operasi Multitasking Foldable OS menyediakan fitur-fitur seperti Always On Display, Taskbar, Fold to Split, dan Microsoft Link to Windows, menjadikan pengalaman multitasking lebih efisien.

Untuk performa, Vivo X Fold3 Pro menggunakan dual chipset Snapdragon 8 Gen 2 dan Vivo V3, serta memori besar 16GB+16GB Extended RAM dan ROM 512GB, menjamin kinerja tinggi tanpa masalah panas berlebihan atau konsumsi daya yang tinggi.

Vivo X100 Series.

Photo :
  • Gizmochina

Bersamaan dengan Vivo X Fold3 Pro, Vivo juga memperkenalkan Vivo X100 Series sebagai bagian dari kampanye "Dual Flagship Smartphones: Beyond Excellence".

Fokus utama seri ini adalah fotografi profesional, hasil kolaborasi dengan ZEISS. Salah satu fitur unggulannya adalah ZEISS APO Telephoto Camera, yang mampu menangkap gambar matahari dengan detail dan kejernihan tanpa merusak lensa.

Vivo X100 Series menawarkan pengalaman fotografi yang luar biasa dengan kualitas tinggi. Fitur lainnya termasuk ZEISS Multifocal Portrait yang memungkinkan pengguna mengambil potret dari berbagai sudut dengan efek bokeh khas ZEISS, serta tujuh variasi filter bokeh untuk menciptakan karya seni fotografi.

Untuk videografi, Vivo X100 Pro dilengkapi fitur 4K Cinematic Portrait Video, didukung oleh chip Vivo V3 untuk performa mobile imaging yang optimal. Peralihan fokus objek menjadi mulus, memastikan setiap detail tertangkap dengan sempurna.

Samsung

Samsung Galaxy Z Flip5 Retro.

Photo :
  • Samsung Newsroom

Sementara itu, Samsung juga telah mengumumkan pembaruan software yang akan membawa fitur Galaxy AI ke berbagai perangkat, termasuk Galaxy S23 series, S23 FE, Z Flip5, Z Fold5, Tab S9 (5G) series, dan Tab S9 (Wi-Fi) series.

Pembaruan ini mulai tersedia pada 28 Maret 2024 lalu untuk beberapa perangkat dan 8 April 2024 untuk Tab S9 Series.

Fitur utama Galaxy AI meliputi Photo Assist, yang memberikan saran editing berbasis AI untuk foto dan video melalui Edit Suggestion dan memperbaiki foto miring serta mengedit latar belakang tanpa cropping dengan Generative Edit.

Nightography juga dihadirkan untuk mengoptimalkan foto malam hari, ideal bagi pengguna Galaxy S23 Series dan S23 FE.

Circle to Search with Google memudahkan pencarian online tanpa mengetik keywords dan berfungsi baik di perangkat foldable seperti Galaxy Z Flip5 saat dalam Flex Mode.

Untuk produktivitas, Note Assist, Transcript Assist, dan Web Assist membantu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien, terutama di perangkat seperti Galaxy Z Fold5 dan Galaxy Tab S9 Series.

Live Translate mendukung komunikasi lintas bahasa melalui Galaxy Buds2 Pro, Galaxy Buds2, dan Galaxy Buds FE, memastikan pengguna dapat berkomunikasi dengan lancar meskipun menggunakan bahasa yang berbeda.

Bocoran Produk Samsung Terbaru

Samsung Galaxy Z Fold5.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Di tengah persaingan ini, Samsung Galaxy Z Fold6 yang akan datang telah mengalami kebocoran spesifikasi lengkap, mengungkapkan berbagai perubahan besar.

Ponsel ini didesain ulang dengan ukuran yang sedikit lebih pendek dan lebih lebar, tetapi tetap lebih tipis dan ringan dibandingkan model sebelumnya.

Layar cover 6,3 inci memiliki resolusi 968 x 2.376 piksel dan rasio aspek 22,1:9, sedikit berubah dari 23,1:9 pada model lama, masih menggunakan panel LTPS 120Hz.

Layar internalnya berukuran 7,6 inci dengan resolusi 1.856 x 2.160 piksel dan rasio aspek 10,5:9, yang lebih mendekati persegi dibandingkan dengan 10,8:9 pada model sebelumnya, menggunakan layar non-LTPO 120Hz.

Ponsel ini kemungkinan besar akan menggunakan chipset Snapdragon dengan CPU octa-core. RAM tetap 12GB dengan penyimpanan 512GB. Baterai tetap 4.400mAh, dengan port USB-C untuk USB 3.2 Gen 1, serta dukungan konektivitas Wi-Fi 6, Bluetooth 5.3, NFC, UWB, dan 5G.

Sistem kamera belakang tetap sama dengan model sebelumnya, yaitu kamera utama 50MP, telefoto 10MP 3x, dan ultra wide 12MP. Kamera selfie terdiri dari 10MP di layar cover dan 4MP di bawah layar utama.

Dengan inovasi-inovasi ini, baik Vivo maupun Samsung berusaha menyediakan teknologi canggih yang meningkatkan produktivitas dan pengalaman pengguna.

Kedua perusahaan ini berduel, menawarkan produk flagship yang memadukan desain elegan dengan fitur-fitur mutakhir, untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya