12 Tips Lindungi iPhone dan HP Android dari Hacker

Ilustrasi HP diretas.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Jika khawatir data pribadi di ponsel Anda bisa dicuri atau seseorang bisa mengakses aplikasi perbankan dan menguras uang Anda, perhatikan saran dari Badan Keamanan Nasional (National Security Agency/NSA).

Selesai Proses Pemulihan, Volume Transaksi Kripto Indodax Kembali Moncer

NSA baru saja merilis panduan "Praktik Terbaik untuk Perangkat Mobile" yang mencakup perangkat iOS dan Android. Berikut ini beberapa tips penting dari NSA untuk menjaga keamanan ponsel Anda dari hacker

Tips Menjaga Keamanan Perangkat iPhone dan Android dari Hacker

iPhone Lama Tetap Bisa Pakai iOS 18, Cek Daftar Lengkapnya

1. Gunakan PIN Enam Digit

Hati-hati! Loki Incar Perusahaan Anda untuk Jadi Korban Berikutnya

NSA menyarankan menggunakan PIN enam digit sebagai kata sandi. Selain itu, pastikan perangkat diatur untuk terhapus setelah 10 kali percobaan membuka kunci yang gagal.

2. Nonaktifkan Bluetooth

Pastikan Bluetooth dinonaktifkan ketika tidak digunakan. Koneksi Bluetooth yang tidak terpakai bisa menjadi celah bagi hacker.

3. Hindari Jaringan Wi-Fi Publik

NSA menyarankan untuk tidak menggunakan jaringan Wi-Fi publik karena seringkali tidak aman. Jika Anda tidak menggunakan Wi-Fi, matikan fitur ini dan hapus jaringan Wi-Fi yang tidak digunakan dari daftar ponsel Anda.

4. Jaga Kontrol Fisik Ponsel

Pastikan Anda selalu menjaga kontrol fisik atas ponsel Anda setiap saat. Jangan biarkan ponsel Anda tanpa pengawasan di tempat umum.

5. Instal Aplikasi dari Toko Resmi

Unduh dan instal aplikasi hanya dari toko aplikasi resmi seperti App Store untuk iPhone dan Google Play Store untuk ponsel Android. Ini membantu menghindari aplikasi berbahaya.

6. Perbarui Perangkat Lunak

Setiap kali ada pembaruan perangkat lunak untuk perangkat atau aplikasi Anda, segera instal. Pembaruan ini seringkali berisi perbaikan keamanan penting.

7. Hindari Mengirim Informasi Sensitif via SMS

Jangan gunakan ponsel Anda untuk mengirim pesan teks yang berisi informasi sensitif. Selain itu, jangan pernah membuka lampiran email dan tautan yang tidak dikenal.

8. Gunakan Aksesori Asli

Selalu gunakan kabel pengisian dan aksesori asli dari produsen terpercaya. Hindari menggunakan stasiun pengisian daya publik yang bisa saja telah dimanipulasi oleh pihak tidak bertanggung jawab.

9. Waspadai Pop-Up yang Tidak Terduga

Jika Anda mendapatkan pop-up yang mencurigakan, tutup paksa semua aplikasi yang terbuka dengan menggesernya. Pop-up bisa jadi merupakan upaya phishing atau malware.

10. Jangan Jailbreak atau Root Ponsel Anda

NSA menyarankan agar Anda tidak melakukan jailbreak pada iPhone atau root pada ponsel Android Anda. Melakukan hal ini bisa membuka celah keamanan yang berbahaya.

11. Nonaktifkan Layanan Lokasi

Matikan layanan lokasi ketika tidak diperlukan untuk menghindari pelacakan yang tidak diinginkan.

12. Matikan dan Hidupkan Kembali Ponsel Secara Berkala

Matikan dan hidupkan kembali ponsel Anda setidaknya sekali seminggu. Langkah ini dapat membantu melindungi dari eksploitasi zero-click yang bisa menyerang ponsel Anda tanpa perlu tindakan apa pun dari Anda.

Dengan mengikuti tips dari NSA ini, Anda bisa mengurangi risiko perangkat mobile diretas. Keamanan adalah prioritas utama, dan menjaga ponsel Anda tetap aman adalah langkah penting untuk melindungi data pribadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya