Logo WARTAEKONOMI

Begini Cara Kerja SEO Supaya Kamu Paham

Search Engine Optimization (SEO).
Search Engine Optimization (SEO).
Sumber :

JAKARTA – Di era digital seperti sekarang, semua bisnis memerlukan pemasaran di dunia maya atau internet. Meski begitu, masih banyak pelaku bisnis atau perusahaan yang belum betul-betul paham konsep pengoptimalan mesin pencarian atau search engine optimization (SEO) untuk mendorong pertumbuhan bisnis.

Konsep SEO sudah bukan monopoli media online tetapi juga pelaku bisnis, terutama generasi milenial, agar produk atau jasa mereka dikenal banyak orang. Asal tahu saja, SEO menjadi topik yang banyak dibicarakan hari ini.

Baca: Wajib Tahu Black Hat SEO, Teknik Curang Mengelabui Mesin Pencarian

Pencarian Google untuk kata kunci "SEO" menghasilkan hampir 500 juta hasil. Banyak dari informasi tersebut sudah usang dan tidak relevan dengan kebutuhan seorang pemula yang mencoba mendapatkan sebuah keberhasilan dengan mudah.

Mendominasi di halaman pencarian adalah impian bagi seorang pemasar digital. Terlepas dari opini lain, berada di halaman kedua hasil pencarian bukan berarti Anda tidak bisa untuk mempublikasikan sebuah konten yang hebat. Terkadang hal ini hanya memberikan bukti bahwa industri tersebut sangat kompetitif.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Anda perlu untuk memahami cara kerja dari SEO sehingga dapat membantu Anda dalam meraih kesuksesan. Untuk itu, mari simak tulisan berikut ini.

Apa Itu SEO?

Dasar-Dasar Teknik SEO

Faktanya, 75 persen pengguna internet cenderung untuk melewati laman pertama hasil penelusuran. Iklan berbayar juga tidak akan menjamin kesuksesan pemasaran Anda. Banyak cara yang dipertaruhkan untuk bisa menempati posisi teratas di halaman pencarian.

Semakin banyak bisnis yang menyadari betapa pentingnya situs web mereka sebagai aset bisnis, sehingga menimbulkan persaingan yang cukup sulit. Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa teknik dasar SEO berikut:

1. Riset & Gunakan Kata Kunci yang Relevan

Kata kunci adalah dasar dari strategi SEO yang sukses. Ketika calon pelanggan Anda menggunakan mesin telusur, apa yang sedang mereka telusuri? Ada beberapa alat dan strategi yang dapat kita gunakan di sini untuk mendapatkan pilihan kata kunci yang baik.

Melakukan brainstorming potensi kata kunci. Di sini Anda hanya menuliskan semua yang relevan dengan bisnis, seperti apa yang harus dilakukan, layanan yang ditawarkan, dan lokasi tempat menawarkan layanan tersebut.

Setelah memiliki semua elemen ini, Anda dapat menggabungkan apa yang harus dilakukan untuk membentuk daftar kata kunci pokok.

Gunakan alat penelitian kata kunci. Ada sejumlah alat penelitian kata kunci di luar sana yang dapat membantu Anda mengidentifikasi kata kunci baru. Google memiliki alat yang merupakan bagian dari layanan PPC iklannya.

Cari kata kunci pilihan Anda. Ketika Anda mencari kata kunci pilihan, Anda dapat melihat saran di bilah pencarian saat Anda mengetik kata kunci tersebut. Selain itu, terdapat juga daftar kata kunci yang disarankan di bagian bawah halaman. 

2. Optimalkan Deskripsi Meta & Judul Halaman