Vending Machine Kini Berbasis Data, Berkat Platform Analytic
- Dok. Istimewa
VIVA – Data menjadi hal yang cukup dibutuhkan di masa sekarang. Bahkan, sebuah mesin penjualan otomatis atau vending machine mulai mengadopsi data. Salah satunya adalah Smartcube dari Ovo yang memanfaatkan Kinetica Active Analytic Platform.
Kinetica Active Analytics Platform dipercaya mampu menganalisis momen secara real-time dan merespons dengan rekomendasi langsung untuk pelanggan. Sedangkan, Smartcube merupakan mesin penjual otomatis yang pintar dan difungsikan sebagai kanal digital yang terintegrasi dengan API-API Ovo Analytics dan ekosistem API Ovo Payment.
Ia juga memanfaatkan analitik data canggih Kinetica untuk mendapatkan preferensi profil 360 derajat pelanggan yang interaktif demi penawaran yang sesuai untuk pengguna.
"Platform Kinetica Active Analytics menggabungkan data streaming dan historis dengan intelijen lokasi dan analitik yang didukung pembelajaran mesin. Campaign Solution real-time OVO terintegrasi dengan SmartCube Ovo dan dibangun di atas platform GPU terakselerasi Kinetica," ujar Chief Data Officer Ovo, Vira Shanty, di Jakarta, Rabu, 7 Agusutus 2019.
Solusi ini, kata Vira, memanfaatkan mesin Complex Event Processing (CEP), yang mensintesis data dari berbagai sumber sehingga bisnis dapat mengekstraksi pola atau tren yang berarti dari data streaming yang memicu respons otomatis dan real-time.
Dengan CEP, Ovo dapat merespons peluang pelanggan dalam konteks, selalu hadir pada waktu yang tepat dengan pesan yang tepat.
Produsen teknologi ini juga memastikan jika Kinetica pada Smartcube menawarkan pengalaman belanja interaktif yang dirancang khusus dan unik yang melayani pelanggan saat ini sementara mereka mendorong masyarakat luas menuju masa depan digital bebas uang tunai.