Uji Landing Gear Pesawat N219, Begini Nih Prosesnya

Pesawat N219 buatan PT Dirgantara Indonesia dan Lapan
Sumber :
  • Twitter/@LAPAN_RI/Donny Hidayat

VIVA – Pesawat buatan anak negeri, N219 Nurtanio terus menjalani proses pengujian. Teranyar, pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN itu menjalani uji landing gear. 

Puncak Libur Natal, Peningkatan Penumpang di Bandara Soetta Capai 177.436 Orang

Uji landing gear ini bertujuan menjajal kekuatan struktur landing gear N219 dalam menerima beban impact saat pendaratan. 

Pengujian dilakukan di Laboratorium Aerostruktur di Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN di Bogor, Jawa Barat, Jumat, 23 Maret 2018. 

5 Kebiasaan Sepele di Pesawat yang Bisa Mengganggu Penumpang Lain, Cek Yuk!

Dikutip dari akun Instagram LAPAN, alat uji drop landing gear ini pada pusat teknologi itu mampu mengangkat beban uji hingga 8 ton dengan ketinggian maksimum 1,5 meter. 

Dalam pengujian, landing gear  N219 diangkat beberapa saat, diturunkan dalam jarak dekat dan kemudian dijatuhkan. 

Badan Keamanan Transportasi Amerika Serikat Inspeksi Bandara Soekarno-Hatta Jelang Nataru

Motor hidrolik yang terdapat pada alat uji dapat memutar roda hingga kecepatan 150 knot dan alat ini dapat menahan beban impact hingga 15 ton.

Dalam sekali pengujian, alat ini dapat mengumpulkan data sebanyak 30.000 sampel dalam 1 detik, yang terdiri dari data gaya impact, perubahan jarak struktur, kecepatan jatuh, kecepatan putar roda, dan jumlah energi yang teredam. (ase)

Area check in di terminal kawasan bandara soekarno-hatta, tangerang

Libur Nataru, Bali dan Surabaya Dominasi Penerbangan Terpadat di Bandara Soetta

Pergerakan masyarakat dalam melakukan perjalanan di puncak libur natal dan tahun baru 2024-2025 terjadi selama dua gelombang

img_title
VIVA.co.id
22 Desember 2024