Trik Jitu Shopee Hadapi Lonjakan Transaksi

Head of Operations Shopee Indonesia, Handhika Jahja.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lazuardhi Utama

VIVA.co.id – Semakin mendekati akhir tahun, bisnis jual beli online (e-commerce) Tanah Air mulai aktif menjajal promo diskon khusus lewat 'kampanye' belanja online.

Shopee Ungkap Penjualan Produk UMKM Brand Lokal Naik 7 Kali Lipat pada Momen Ini

Platform belanja online, Shopee misalnya. Mulai 25 September-10 Oktober 2017 menggelar kampanye belanja online bertajuk "10.10 Big Mobile Shopping Day".

Saat kampanye seperti sekarang tentunya bakal terjadi transaksi yang melonjak dari hari biasa. Apalagi, Shopee menawarkan diskon khusus hingga 90 persen.

Keamanan Data Jadi Fokus Shopee

Head of Operations Shopee Indonesia, Handhika Tjahja, mengungkapkan, perusahaan memiliki trik jitu untuk mengantisipasi lonjakan transaksi saat kampanye belanja online.

"Ketika transaksi naik kami tentu ingin experience aman. Baik bagi pengguna maupun penjual," kata Handhika di Menara Mandiri, Jakarta Selasa 26 September 2017.

Raup Komisi dengan Shopee Affiliate Program, Begini Caranya!

Ia mengatakan, hal yang krusial mengenai pembayaran dan logistik. Menurut Handhika, Shopee sudah jauh-jauh hari memastikan dengan merchant agar pembayaran dan pengiriman barang lancar, sehingga konsumen merasa puas dan aman.

Lalu, dari sisi server dan network, Handhika menyatakan Shopee sudah siap dengan infrastrukturnya sewaktu-waktu puncak lonjakan transaksi. "Kalau untuk event ini (10.10), biasanya puncaknya tanggal 10 Oktober atau hari terakhir," kata dia.

Tak hanya itu, Handhika juga membicarakan soal stok, di mana Shopee selalu memastikan kepada para merchant untuk update dan menyediakan stok barang.

"Last but not least, pelayanan. Kami harus tetap ramah meski ketika kampanye terjadi peningkatan transaksi bagi si penjual," ungkapnya.

Tahun lalu saja, kata Handhika, penjualan Shopee meningkat 3,5 kali lipat dalam sehari dengan penjual yang terlibat sebanyak 51 ribu merchant.

Ilustrasi Live Shopping

Perkaya Pengalaman Berbelanja, Shopee Wujudkan Inovasi bagi Brand Lokal dan Konten Kreator

Konten interaktif seperti video dan live streaming jadi pendorong inovasi menarik minat Pembeli dari konten interaktif yang juga melahirkan banyak peluang bagi Penjual.

img_title
VIVA.co.id
21 Desember 2024