Hal yang Harus Dilakukan agar Berbisnis Lewat WhatsApp Moncer
- wartaekonomi
VIVA – Saat ini media sosial telah menjadi wadah yang wajib dikuasai oleh pebisnis, baik itu bisnis kelas besar maupun kecil. Pasalnya, hasil dari memanfaatkan media sosial untuk ajang pemasaran bisnis sangatlah menjanjikan.
Salah satu media sosial yang bisa dimanfaatkan adalah WhatsApp Business. Aplikasi yang baru saja dirilis oleh WhatsApp awal tahun ini diperuntukkan pebisnis pemula. Dengan aplikasi tersebut, pebisnis bisa mencantumkan alamat, informasi kontak, jam kerja, dan deskripsi singkat tentang perusahaan.
Memasarkan bisnis menggunakan WhatsApp Business juga memerlukan trik, lho. Supaya bisnismu moncer! Melansir dari Busyseed, berikut trik yang wajib diikuti:
1. Konsisten dengan informasi kontak
Konsisten dengan nomor telepon adalah salah satu tips yang dapat digunakan jika ingin membuat pelanggan bertahan. Biasakan, nomor WhatsApp yang terkait dengan perusahaan dipegang satu orang saja.
Selain itu, kecepatan dalam merespons pesan juga diutamakan. Dengan begitu, pelanggan akan merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan dan memutuskan untuk bertahan.
2. Konsisten dengan brand
Brand juga menjadi kunci untuk menyukseskan suatu bisnis. Nama produk sebaiknya dibuat semenarik mungkin, dan mudah diingat oleh orang lain. Nama produk antara media sosial satu dengan yang lainnya, haruslah sama.
Konsisten dengan brand merupakan suatu keharusan, agar pelanggan tidak bingung jika ingin melakukan transaksi baik itu pengiriman maupun pemesanan.
3. Menjalin hubungan akrab dengan pelanggan
Gunanya WhatsApp Business selain memasarkan bisnismu, juga bisa menjadi ajang keakraban dengan pelanggan.
Menjalin hubungan akrab dengan pelanggan merupakan hal yang harus dilakukan. Jangan ragu untuk bertanya kepada pelanggan mengenai bagaimana pelayanan perusahaan.
Jangan lupa selalu meminta saran dari mereka. Dengan begitu, kamu bisa memperbaiki kinerja bisnismu.
4. Pembaruan status
Status WhatsApp sama dengan Snapgram di Instagram maupun Facebook. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk meng-update produk terbaru.
Gunakan fitur ini untuk menarik pelanggan lebih banyak, dengan cara melakukan penawaran atau diskon dalam waktu terbatas.