Robot Humanoid Bantu Proses Check-in di Bandara

Ilustrasi generasi milenial.
Sumber :
  • REUTERS/Hannah McKay

VIVA.co.id – Salah satu maskapai penerbangan di Selandia Baru memperkenalkan robot humanoid untuk memudahkan penumpang saat check-in.

2 Mayat Ditemukan di Roda Pesawat Setelah Mendarat di Florida

Maskapai Air New Zeland memperkenalkan Robot CANdroid pertama - yang biasa disebut Chip - bertugas membantu penumpang saat check-in di bandara sejak Senin, 21 Agustus kemarin.

Chief Executive Officer Air New Zealand Avi Golan mengatakan, percobaan ini memungkinkan perusahaannya untuk memberikan layanan terbaik bagi penumpang, serta memberikan pengalaman di masa depan.

Viral Para Penumpang Super Air Jet Rute Medan-Jakarta Ngamuk Gegara Alami Delay, Warganet: Sudah Biasa

"Kami juga bereksperimen dengan memberikan gagasan bahwa awak kabin kami suatu hari nanti menggunakan HoloLens milik Microsoft di atas pesawat kami," kata Golan, dikutip situs Travel Nine, Rabu, 23 Agustus 2017.

Robot humanoid berwarna hitam dan putih ini dapat berinteraksi dengan penumpang meski tidak memiliki mulut. CANdroid mampu berkomunikasi dengan penumpang melalui layar sentuh yang tersemat di dadanya.

Sepanjang 2024, Bandara Kualanamu Layani 7,1 Juta Penumpang

Robot ini juga bisa memindai boarding pass penumpang tepat di atas mata robot melalui sebuah gelombang, yang memungkinkan mereka naik pesawat bersamaan. Eksperimen yang berlangsung selama seminggu ini akan berakhir Jumat, 25 Agustus mendatang.

Menteri Koordinator Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Pemerintah Kasih Sinyal Turunkan Tiket Pesawat hingga Kapal Laut Periode Libur Lebaran 2025

Menko AHY menyatakan, pemerintah membuka opsi untuk kembali memberikan diskon angkutan umum.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2025