Kolaborasi 3 Perusahaan Besar Genjot E-Commerce
- Viva.co.id/Amal Nur Ngazis
VIVA.co.id – Apa jadinya jika tiga perusahaan berkolaborasi dalam menggarap e-dagang di Indonesia. Kekuatan Lazada kini mendapat sokongan dari nama besar industri FMCG dan elektronik, Unilever dan Samsung.
Akhir Maret kemarin, Lazada dan Unilever secara resmi membangun kemitraan hulu ke hilir (end-to-end) pertama untuk industri e-commerce di kawasan Asia Tenggara yang diharapkan akan dapat menggenjot pertumbuhan lebih pesat lagi bagi kedua perusahaan di seluruh kawasan.
"Di Indonesia Lazada sudah bermitra dengan Unilever sejak 2013, dan terus mengembangkan kemitraan strategis dengan dibukanya official store pada 2016 untuk sejumlah brand Unilever di Lazada.co.id. Sejak Maret tahun ini, Unilever telah memiliki flagship store yang membawahi berbagai brand, dengan menyediakan lebih dari 600 jenis produk," ujar Florian Holm, Co-CEO, Lazada Indonesia, dalam keterangannya, Rabu, 14 Juni 2017.
Selain bekerja sama dengan Unilever, Lazada juga memperkuat kemitraan bisnis dengan Samsung. Kemitraan strategis yang digagas pada bulan Mei 2017 ini meliputi berbagai inisiatif untuk memastikan seluruh produk Samsung, baik ponsel, TV dan produk elektronik rumah tangga lainnya tersedia dan dapat diakses dengan mudah oleh seluruh konsumen Lazada di 6 negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.
"Secara keseluruhan, penjualan produk Samsung di Lazada Group mengalami pertumbuhan sebesar 2,5 kali pada April 2017, jika dibandingkan dengan April 2016. Kontribusi terbesar berasal dari ponsel yang dibeli oleh konsumen di kawasan non-perkotaan di seluruh Asia Tenggara," kata Holm.
Lazada berharap kerjasama strategis dengan Unilever dan Samsung ini dapat lebih meningkatkan antusiasme masyarakat dalam berbelanja online