Tiket Garuda Indonesia Ditulis Manual, Jaringan Down?
- Dok. Facebook Hariyawan AW
VIVA.co.id – Jika berkali-kali warganet heboh dengan delay maskapai penerbangan, tidak demikian yang dialami oleh penumpang Garuda Indonesia pagi ini. Sebuah postingan ramai membicarakan tiket Garuda Indonesia yang ditulis manual.
Dalam postingan seorang pengguna Facebook, terlihat tiket dengan tujuan Jakarta menuju Surabaya. Tiket harus ditulis manual dengan menggunakan pulpen berwarna biru.
"Hati-hati sama keinginan. Dulu, saya pernah ingin punya boarding pass yang masih manual. Ternyata hari ini terwujud, tetapi harus melalui deretan panjang selama 1.5 jam," kata pengguna tersebut.
Foto tersebut diposting lima jam lalu. Tiket dalam foto tersebut pun menunjukkan pukul 08.20 WIB untuk naik pesawat. Dalam statusnya, sang pemosting mengatakan, harus mengantre selama 1,5 jam untuk bisa mendapatkan tiket yang ditulis manual itu.
Tidak lupa, dia pun menyertakan tagar 'Garuda Indonesia System is Down'. Namun, benarkah sistem jaringan Garuda Indonesia mati?
Dikonfirmasi VIVA.co.id, pihak Garuda Indonesia membantah adanya kerusakan pada sistem dan jaringan internal. Mereka menyebut, kesalahan karena adanya pemadaman listik yang terjadi sejak dini hari.
"Itu sebenarnya bukan kerusakan. Jam dua malam kan, listrik down di bandara. Informasi orang AP (Angkasa Pura), ada perpindahan something di gardunya, listrik down, jaringan LAN padam. Otomatis chek-in Garuda dengan manual," ujar Humas Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan kepada VIVA.co.id, Selasa 13 Juni 2017.
Menurut Ikhsan, tidak semua tiket ditulis secara manual, sebagian bisa di-print karena adanya cadangan data pada laptop.
"Jam 08.30 sudah beres kok. Aman lah. Jadi, bukan sistem Garuda-nya yang down," kata Ikhsan.
Akibat hal ini, beberapa netizen juga mengeluh di Twitter adanya delay yang cukup lama dan mengalami double seat.
As 5? airline, I expect 5? service from @IndonesiaGaruda. But this morning I'm standing in line for >20' in @CGK_AP2 due to error system. ????
— Indra Daswandi (@aidan_darwinds) June 12, 2017
@IndonesiaGaruda Checked my flight last night. After check in errors, now this duplicate of seat happen. After 10' still no ground staff!
— Indra Daswandi (@aidan_darwinds) June 13, 2017
Garuda check in system is down. Have standed here for 30mins. So sleepy.
— k_husnu (@k_husnu) June 12, 2017
@jokowi Pak Jokowi, System check in counter Garuda termnal 3 down. Penumpang menumpuk...
— Dedih Hidayah (@dhidayah7172) June 12, 2017
We are sorry for the delay that you had before, our system was down before at T3 SHIA. We will always improve our services. - Lea
— GarudaCares (@GarudaCares) June 13, 2017