Pengaruhi Kebijakan, Kasus Ahok Dianggap Terpopuler di 2016
- VIVA.co.id/Raudhatul Zannah
VIVA.co.id – Digitroops Indonesia telah menyelesaikan masa risetnya sepanjang 2016 terkait berbagai isu yang menjadi viral di media sosial dan internet di Indonesia selama satu tahun belakangan. Berdasarkan riset yang dilakukan pada rentang waktu Januari 2016-15 Desember 2016 dan menggunakan tiga metodologi, ada lima isu paling populer tahun 2016.
Metodologi lain yaitu menggunakan data dari Focus Group Discussion (FGD) dan pendalaman isu dengan melihat tingkat pengaruh isu terhadap pengambilan keputusan dalam kebijakan publik.
Berikut lima isu terpopuler sepanjang 2016 versi Digitroops Indonesia:
1. Kasus Ahok dan Aksi Bela Islam I, II, III
Isu ini terpopuler lantaran variannya mencapai total 279,85 juta dalam mesin pencari Google, 5.730 berita pada lima media online, menjadi trending topic di Twitter dengan 25 hashtag dan kata kunci, serta menjadi pusat perdebatan dalam tiga bulan terakhir di Facebook. Isu ini terpilih jadi populer karena dua kali menjadi tema khusus pada acara Mata Najwa, dan satu kali di Indonesia Lawyers Club (ILC).
2. Panama Papers dan Harta yang Disembunyikan
Isu ini variannya mencapai total 72,23 juta dalam mesin pencari Google, 595 berita pada lima media online, menjadi trending topic di Twitter dengan empat hashtag dan kata kunci, serta menjadi pusat perdebatan dalam satu bulan di Facebook.
3. Tax Amnesty dan Tradisi Pengemplang Pajak
Isu ini variannya mencapai total 15,2 juta dalam mesin pencari Google, 2.730 berita pada lima media online, menjadi trending topic di Twitter dengan enam hashtag dan kata kunci, menjadi pusat perdebatan dalam satu bulan bulan di Facebook, dan satu kali menjadi tema khusus di Indonesia Lawyers Club (ILC) dengan tema ‘Tax Amnesty yang Untung dan yang Resah’ pada 30 Agustus 2016.
4. Rindu Prestasi Timnas Indonesia
Isu ini variannya mencapai total 35,61 juta dalam mesin pencari Google, 3.221 berita di lima media online, menjadi trending topic di Twitter dengan 21 hashtag dan kata kunci, serta selama satu bulan didominasi oleh posting dan meme mengenai Timnas Indonesia.
5. Jessica dan Kopi Sianida
Isu ini variannya mencapai total 6,73 juta dalam mesin pencari Google, 8.098 berita pada lima media online, menjadi trending topic di Twitter dengan empat hashtag dan kata kunci, menjadi pusat perdebatan dalam dua bulan di Facebook, dan dua kali tayang di Indonesia Lawyers Club (ILC).